Empat Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

cara alami menghilangkan bekas jerawatJerawat kronis bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit, kerusakan tersebut biasanya bersifat permanen dan hanya bisa disembuhkan melalui jalur operasi atau suntik kolagen. Namun bila jerawat yang dialami oleh seseorang belum terlalu parah maka bekas jerawat yang mungkin timbul setelahnya masih bisa diatasi dnegan bahan dan obat tradisional.

Terkait hal ini banyak sekali resep yang bisa dicoba, namun berdasarkan pengalaman orang yang pernah mencobanya, hanya lima cara inilah yang terbukti ampuh dan cepat dalam menghilangkan bekas jerawat.

Berikut ini merupakan empat cara alami menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami yang ada di sekitar kita.

1. Putih telur

Putih telur banyak mengandung asam amino dan protein sehingga banyak manfaat yang bisa diambil dari bahan ini untuk kulit. Salah satu manfaat tersebut adalah kemampuannya dalam mempercepat dan menutup bekas luka seperti luka yang ditinggalkan oleh jerawat, goresan dan lain sebagainya.

Putih telur juga sering digunakan sebagai media untuk mengangkat komedo sekaligus membersihkan pori-pori dari segala hal yang menyumbatnya.

Untuk menggunakan putih telur sangat mudah, cukup oleskan secara merata pada bekas jerawat dan tunggu sampai mengering lalu bilas hingga bersih. Jalankan langkah ini secara teratur sebanyak 2 sampai 3 kali tiap minggunya sampai bekas luka tersebut benar-benar hilang.

2. Jus lemon

Asam glikolat, asam sitrat dan asam laktat dalam cairan jeruk lemon adalah senyawa yang berguna untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga proses perbaikan dan regenerasi kulit dapat berjalan lebih cepat. Oleh sebab itu jangan heran bila jeruk lemon juga sering digunakan dalam pembuatan produk kecantikan seperti krim anti aging, anti jerawat, penghilang keriput dan lain sebagainya.

Bila proses regenerasi berjalan lebih cepat dan jumlah kolagen tersedia maka bekas luka bisa segera disembuhkan. Bagiaman cara menggunakannya? Sangat mudah dan terbilang cepat karena tidak membutuhkan proses panjang.

Ambil kapas lalu teteskan cairan jeruk lemon di atasnya, oleskan kapas tersebut ke bagian bekas jerawat atau bekas luka dan biarkan hingga mengering. Tidak perlu membilasnya agar seluruh senyawa yang ada dalam cairan tersebut bisa meresap ke dalam kulit.

Lakukan langkah ini sebanyak dua sampai tiga kali seminggu sampai masalah benar-benar teratasi.

3. Baking soda

Baking soda memiliki banyak partikel kecil lembut yang mampu mengangkat seluruh sisa kulit mati dari permukaan dan pori-pori kulit. Dengan menggunakan baking soda maka seluruh jaringan kulit mati bisa dihilangkan dan lapisan kulit baru bisa segera menggantikannya.

Untuk bekas luka yang tidak terlalu parah maka cara ini terbilang efektif dan bisa diandalkan. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan baking soda ke dalam beberapa tetes air sehingga terbentuk adonan. Setelah itu oleskan pada bekas jerawat sambil dilakukan pemijatan dengan gerakan melingkar, lakukan selama 5 sampai 10 menit lalu cuci dengan air hangat.

4. Jus lidah buaya

Banyak orang berpendapat bahwa lidah buaya hanya baik untuk rambut, padahal hasil penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki vitamin dan nutrisi yang baik untuk kulit. Salah satu manfaat yang bisa diambil dari daging lidah buaya adalah kemampuannya dalam melembabkan kulit sekaligus menghilangkan bekas jerawat.

Cukup oleskan sedikit daging lidah buaya di atas bekas luka lalu diamkan selama 10 sampai 20 menit, bilas dengan air dingin hingga bersih.

tags: