Ekstrak blueberry dalam perawatan kulit

blueberry dalam perawatan kulitKetika kita mendatangai toko kecantikan, tentu hal pertama yang kita cari adalah sebuah produk yang mampu menahan tanda penuaan serta sehat dan aman digunakan.

Beberapa produk ersebut mengandung ekstrak blueberry, yaitu sebuah formula cair yang berasal dari buah blueberry yang tinggi antioksidan. Karena buah ini memiliki manfaat yang begitu tinggi untuk kecantikan kulit, maka produsen seperti berlomba-lomba membuat sebuah produk yang mengandung ekstrak blueberry.

Manfaat dan khasiat buah ini memang telah dibuktikan secara medis, akan tetapi apakah setiap orang atau individu aman menggunakannya? Jawabannya tidak, oleh sebab itu kenali terlebih dahulu sifat dan jenis kulit kita sendiri serta biasakan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perawatan di rumah.

Berikut adalah tinjauan medis mengenai ekstrak blueberry dalam perawatan kulit, tinjauan ini diambil dari beberapa sumber penting.

Komposisi

Seperti dijelaskan di atas bahwa ekstrak blueberry berasal dari buah blueberry yang diekstrak dan diambil cairannya. Buah ini memang dikenal memiliki antioksidan tinggi, suatu molekul penting untuk mencegah tanda penuaan dan menangkal radikal bebas.

Pada akhirnya cairan tersebut dibuat dalam berbagai bentuk, kita bisa mendapatkannya dalam produk cair maupun krim. Bukan hanya untuk masalah kulit, ekstrak buah ini pun sering dipergunakan untuk mengatasi masalah diabetes dan glukoma.

Jenis produk

Setelah memutuskan untuk menggunakan produk ini, maka kita akan menemukannya dalam dua bentuk dasar yaitu obat dan juga krim. Namun pada perkembangannya kita juga bisa menemukannya dalam krim pelembab, pemutih dan perawatan lainnya.

Perlu diingat bahwa saat membelinya, perhatikan label pada produk tersebut, apakah benar-benar mengandung blueberry ataukah hanya isapan jempol belaka.

Bila memang mengandung bahan tersbeut, berapa banyak dan bandingkan dengan produk sejenis dari merk lainnya. Pilihlah produk yang mengandung blueberry dalam jumlah banyak, bukan hanya sebagai penghias label belaka.

Manfaat yang telah diakui kalangan medis

Salah satu lembaga ternama yang mengakui kegunaan ekstrak blueberry adalah American Academy of Dermatology atau disingkat dengan AAD. Lembaga ini menyatakan bahwa cairan buah ini memang memiliki potensi tinggi dalam menahan tanda penuaan jika digunakan secara benar dan dalam komposisi yang tepat.

Penilaian ini didasarkan oleh kandungan anthocyanin dalam buah tersebut, anthocyanin sendiri merupakan bahan aktif yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah munculnya tanda penuaan dini.

Potensi resiko

Masih menurut American Academy of Dermatology, beberapa produk yang menggunakan buah ini masih meninggalkan logam berat dan zat racun lainnya sehingga pada beberapa kasus sering menimbulkan efek samping seperti gatal-gatal, iritasi dan ruam pada kulit.

Tentu tidak semua orang mengalaminya, tapi bagi konsumen jelas ini adalah sebuah peringatan keras agar tetap berhati-hati dalam memilih produk.

tags: