Efek samping petrolatum bagi kulit

efek samping petrolatum bagi kulitPetrolatum merupakan senyawa yang dihasilkan dari minyak bumi, bahan ini sering digunakan dalam pembuatan produk perawatan kulit. Meskipun penggunaan bahan ini dalam produk tertentu telah disetujui oleh BPOM namun ada beberaqpa hal yang harus diperhatikan.

Hal tersebut termasuk efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat penggunaan produk berpetrolatum secara berlebihan atau dalam kurun waktu lama.

Untuk mengetahui efek negatif apa saja yang mungkin didapat oleh konsumen, silahkan simak beberapa point penting di bawah ini.

Berikut adalah empat efek samping petrolatum bagi kulit seperti dikutip dari beberapa sumber penting.

Ditemukan dalam tumor

Salah satu study yang dilakukan di Universitas Columbia menemukan adanya tingkat petrolatum tinggi dalam pasien tumor, hal ini menguatkan dugaan bahwa senyawa ini dapat menyebabkan tumor paa wanita.

Meskipun penelitian tersebut tidak menyetakan secara langsung bahwa petrolatum dapat menyebabkan tumor, namun karena banyaknya petrolatum pada pasien tumor menimbulkan berbagai dugaan dan kecurigaan para ahli.

Merusak kulit

Penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga bernama Herb Research Foundation menemukan bahwa kulit yang memiliki kontak langsung dengan 60% bahan kimia lebih berpotensi terhadap berbagai kerusakan.

Petrolatum adalah salah satu bahan kimia yang jika mengenai kulit dapat langsung diserap oleh kulit dan masuk ke dalam aliran darah, akibat dari kondisi ini mungkin menyebabkan sirkulasi darah terganggu sehingga kulit akan mengalami penurunan suplai oksigen sehingga lambat laun akan mengalami kerusakan permanen.

Memicu penuaan dini

Penggunaan bahan kimia secara berlebihan dapat meningkatkan efek radikal bebas pada tubuh, radikal bebas adalah salah satu penyebab utama terjadinya penuaan dini pada manusia.

Dan seperti pada point nomor dua di atas bahwa petrolatum dapat menyebabkan gangguan suplay oksigen untuk klit, kondisi ini diketahui dapat merusak organ terbesar manusia ini termasuk munculnya tanda-tanda penuaan.

Menghilangkan kelembaban alami

Bahan ini diketahui dapat mengganggu mekanisme pelembab alami tubuh sehingga bila terus terjadi dapat memicu masalah kulit kering, pecah-pecah, bersisik dan lain sebagainya.

Seperti dikutip dari Environmental Working Group bahwa bahan ini ditemukan dalam satu dari 14 macam produk perawatan kulit yang sering dijumpai di toko kecantikan atau pasar tradisional.

Oleh sebab itu diperlukan kehati-hatian dalam memilih produk mana yang baik untuk kita, meskipun penggunaan petrolatum dalam kosmetik diizinkan namun karena berpotensi menimbulkan gangguan di atas maka sebaiknya kita hindari.

Usahakan untuk selalu menggunakan produk yang 100% aman, jika tidak maka carilah produk dengan tingkat kemanan mendekati 100%. Tindakan ini diperlukan demi menghindari semua marabahaya yang mungkin ditimbulkan produk tersebut suatu saat nanti.

tags: