Efek samping meluruskan rambut secara permanent

efek samping meluruskan rambutWanita mana yang tidak ingin memiliki rambut lurus, panjang dan indah tergerai? Rasa-rasanya semua wanita menginginkan hal tersebut. Namun jenis dan karakter pada setiap orang tentu berbeda-beda.

Karakter inilah yang membuat rambut kita berbeda satu dengan lainnya, ada yang dilahirkan dengan rambut ikal, ada pula yang terlahir dengan rambut lurus panjang.

Bagi yang terlahir dengan rambut ikal atau keriting, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rambut lurus seperti yang diinginkan. Rebonding adalah salah satunya.

Metode pelurus rambut ini kian hari kian dikenal dan diminati masyarakat, meskipun tentu saja harga atau biaya yang harus dikeluarkan tidak bisa dibilang murah. Untuk metode ini telah kami jelaskan sedetail mungkin dan masih bisa anda baca di sini [Baca: Rebonding dan hal apa saja yang berkaitan dengannya].

Keinginan tampil mempesona dan menarik perhatian orang lah yang menjadi alasan kita rela membayar lebih, namun apakah kita tahu efek samping dari pelurus rambut permanen ini?

Berikut ini adalah beberapa efek samping meluruskan rambut secara permanent seperti dikutip dari beberapa pakar rambut dan ahli kesehatan.

Membuat rambut kering

Ini adalah efek utama dari teknik pelurus yang paling sering dilakukan, bahan kimia dan suhu panas yang digunakan saat meluruskan rambut berimbas pada hilangnya kadar kelembaban alaminya.

Oleh sebab itu jangan heran bila seminggu setelah kita selesai melakukan perawatan tersebut rambut akan terlihat kusam dan muncul kerusakan di sana-sini.

Oleh sebab itu banyak ahli yang melarang keras menjalankan terapi ini bila kondisi terkini memang sedang mengalami kerontokan.

Rapuh dan mudah patah

Bahan kimia yang kita pergunakan saat melakukan teknik tersebut juga diketahui dapat merusak kekuatan akar dan helaiannya. Akibatnya kita akan sering mendapati rambut yang terputus dari tengah atau mudah tercerabut dari akarnya. Bila keadaan ini didiamkan maka dapat berujung pada kerontokan dan kebotakan secara permanen.

Dua efek di atas adalah kemungkinan terburuk yang akan kita hadapi, masih banyak lagi efek lainnya dan memiliki potensi kerusakan yang sama, silahkan baca di bawah ini:

  • Jika tidak dilindungi saat melakukan teknik pelurus maka bisa mengakibatkan kerusakan permanen
  • Berpotensi terjadi kerusakan pada kutikula, jika kutikula rusak maka pertumbuhan akan terganggu bahkan terhenti
  • Gel atau krim yang biasa digunakan untuk meluruskan rambut umumnya memicu kerapuhan
  • Masalah rambut bercabang yang kian hari kian parah
  • Pada beberapa orang mengakibatkan alergi dan iritasi

Dari penjelasan di atas bisa kita ketahui bahwa teknik perawatan ini sebenarnya mengandung banyak resiko, pengunaan suhu tinggi dan bahan-bahan kimia adalah faktor utamanya.

Meskipun demikian banyak masyarakat yang tetap memilih jalan ini karena dianggap lebih mudah dan dapat memberikan hasil secara instant tanpa harus menunggu lama.

Namun bagi anda yang lebih memilih cara aman, masih ada jalan dan hasil yang didapat pun tidak kalah jauh dari perawatan yang terdapat pada salon-salon kecantikan.

Salah satu metode tradisional yang bisa kita coba bisa dilihat di halaman ini, silahkan buka kembali dan lakukan sewajarnya saja. Dengan mengikuti cara di halaman tersebut, kita juga bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, meskipun hasilnya tidak permmanen namun kita merasa lebih tenang karena tidak harus khawatir dengan efek sampingnya.

Perlu diketahui bahwa kecantikan sebenarnya bukan bagaimana agar kita dapat terlihat seperti orang lain, namun lebih pada bagaimana cara kita menjaga dan memaksimalkan anugerah yang telah diberikan oleh sang pencipta.

Setelah kita mengetahui efek samping di atas, masih kah kita berencana melakukan perawatan mahal tersbut?

tags: