Efek samping diet zone

efek samping diet zoneMeskipun metode ini tidak seketat diet atkins, namun secara garis besar jika dilihat dari prinsip dasar yang berlaku di dalamnya maka dapat kita ketahui bahwa ini merupakan bentuk lain dari diet rendah karbohidrat.

Karbohidrat memang sering dikaitkan dengan tingginya insulin dalam tubuh sehingga memicu naiknya berat badan seseorang, oleh sebab itu jangan heran jika beberapa penemu teknik diet melarang konsumsi karbohidrat secra berlebihan bahkan ada pula yang memasukkannya ke dalam menu makan sehari-sehari selama menerapkan metode yang mereka temukan.

Teori di atas tidak sepenuhnya salah karena menurut Mayo Clinic terdapat beberapa bukti ilmiah dan hasil penelitian ilmuan yang menunjukkan adanya kaitan antara insulin dan berat badan.

Namun seperti semua metode temuan manusia lainnya, tidak ada yang lepas dari kesalahan dan efek samping. Begitu pula dengan metode zone, para ilmuan sedikitnya menemukan tiga resiko buruk yang mungkin didapat oleh peserta teknik ini.

Berikut adalah tiga efek samping diet zone seperti dinyatakan oleh sebagian ilmuan dan dituangkan dalam sebuah jurnal online.

Gangguan pada ginjal

Peserta yang mengalami gangguan fungsi ginjal karena diabetes atau penyakit lainnya akan lebih sulit menerapkan dan memproses protein yang masuk ke tubuh.

Kita tahu bahwa zone termasuk salah satu metode diet tinggi protein, oleh sebab itu teknik ini dapat memperburuk kondisi peserta jika dijalankan oleh pasien yang sebelumnya mengalami gangguan pada organ ginjalnya.

Pernyataan di atas merupakan sebuah catatan kecil James Anderson, M.D, seorang profesor di universitas Kentucky School of Medicine.

Gangguan jantung

Karena termasuk salah satu diet tinggi protein maka daging dan telur merupakan sumber protein utama, sayangnya kolesterol tinggi dan lemak jenuh yang biasanya terdapat dalam daging merah dapat mengakibatkan masalah dan gangguan pada organ jantung.

Selain itu zone juga melarang atau membatasi asupan karbohidrat setiap harinya, artinya kita akan dibatasi mengkonsumsi biji-bijian yang tinggi serat. Kondisi ini memungkinkan terjadinya kekurangan serat dan gangguan pencernaan.

Kekurangan serat juga dapat melemahkan jantung, seperti telah dijelaskan oleh American Heart Association.

Kekurangan gizi

Pelarangan mengkonsumsi beberapa jenis buah-uahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan makanan sumber karbohidrat lainnya dapat menyebabkan tubuh tidak memperoleh asupan nutrisi dan gizi yang terdapat dalam makanan tersebut.

Bila kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu lama maka akan mungkin akan ditemukan beberapa gangguan fungsi tubuh akibat kekurangan vitamin penting tersebut.

Sebenarnya bukan hanya zone saja yang memiliki sisi kelemahan di bagian ini, hampir seluruh metode yang memberlakukan pelarangan jenis makanan tertentu memiliki kelemahan seperti ini.

Lalu seperti apa yang harus kita terapkan? Konsultasikan pada dokter untuk memeriksakan kondisi anda sekarang ini dan mempertimbangkan metode seperti apa yang lebih cocok anda jalankan.

tags: ,