Efek samping diet south beach

efek samping diet south beachDiet south beach bukan hanya dapat menurunkan berat badan dan memiliki efek positif bagi kesehatan, namun juga dikenal memiliki dampak yang kurang begitu baik untuk tubuh.

Perlu digarisbawahi bahwa efek ini kemungkinan akan dialami oleh pengguna jika semua aturan yang diberlakukan tidak dipatuhi dengan baik. Sebagai contoh misalnya, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi protein tinggi.

Protein tinggi sebenarnya bisa kita dapatkan dari daging, sayangnya daging tidak begitu dianjurkan dalam progra ini. Oleh karena itu south beach memberikan alternatif lain yaitu dengan mengkonsumsi protein nabati.

Jika kita tidak begitu suka dengan sayuran yang mengandung protein tersebut dan mengalihkan atau bahkan meninggalkannya maka efek samping akan kita dapatkan.

Berikut adalah beberapa efek samping diet south beach jika dilakukan tanpa mengikuti segala aturan yang berlaku.

1. Kehilangan energi

Pelaku south beach sangat mungkin kehilangan energi dalam jumlah besar, hal ini disebabkan oleh batasan yang diberlakukan dalam metode ini terhadap konsumsi gula dan kalori.

Kita tahu bahwa zat gula merupakan senyawa yang dapat membentuk energi bagi manusia. Kekurangan zat ini dapat membuat tubuh tidak mampu menyediakan energi yang kita butuhkan.

Oleh sebab itu banyak pelaku yang merasakan lemas dan tidak bertenaga saat menjalankan program ini. Sebenranya hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi banyak buah yang mengandung gula alami.

2. Kekurangan serat

Serat terdapat dalam makanan seperti biji-bijian yang juga mengandung banyak karbohidrat. Karena kandungan karbohidrat yang tinggi maka biji-bijian tersebut dilarang.

Karena larangan itulah kita tidak mendapatkan serat yang ada di dalamnya, kekurangan serat dapat menyebabkan tergangguanya sistem pencernaan. Jika hal ini terjadi maka proses penurunan berat badan akan terganggu.

Hal ini sebenarnya bisa kita atasi dengan mengalihkan kepada bahan makanan berserat namun tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat.

3. Ketoasidosis

Ini adalah kondisi dimana tubuh tidak mendapatkan asupan gula sehingga sumber energi yang diambil adalah lemak. Lemak tidak benar-benar bisa dihancurkan, pasti ada bagian-bagian yang tidak larut. Bagian inilah yang dinamakan dengan keton.

Kondisi ini dapat menyebabkan lemah, letih, lesu bahkan kerusakan pada organ ginjal. Oleh karena itu para ahli sangat menyarankan pada para pelaku south beach untuk rutin memeriksakan kondisinya minimal satu bulan sekali.

4. Kekurangan cairan

Pengguna atau pelaku diet ini sangat rentan terhadap dehidrasi atau kekurangan cairan, hal ini diakibatkan oleh proses diuretik yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Penurunan berat badan yang terjadi di awal-awal adalah mungkin karena cairan yang hilang dalam jumlah besar. Untuk mengatasi dan mencegah hal ini kita diharuskan untuk memperhatikan asupan cairan setiap harinya.

Perbanyak meminum air mineral minimal 8 gelas sehari agar metabolime tubuh teteap bekerja dan terhindar dari dehidrasi.

tags: ,