Efek Samping Diet Medifast

efek samping diet medifastSeperti dijelaskan pada kesempatan sebelumnya bahwa metode ini merupakan metode yang memiliki tingkat kecepatan lebih tinggi dalam hal menurunkan berat badan dibanding dengan metode lain yang pernah kami publikasikan sebelumnya.

Namun setiap metode tentu memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing, begitu pula dengan medifast. Beberapa ahli menunjukkan efek samping metode ini lengkap dengan alasannya, berikut penjelasan selengkapnya.

Di bawah ini merupakan beberapa efek samping diet medifast seperti dinyatakan oleh pakar gizi dan dilengkapi dengan alasan medisnya.

Penurunan berat badan secara drastis dan cepat

Mungkin lebih terdengar sebagai bagian dari keunggulan metode ini, tapi pada faktanya sesuatu yang berlangsung terlalu cepat umumnya meninggalkan efek yang harus diwaspadai.

Medifast sangat membatasi kalori setiap harinya, porsi kalori yang bisa dikonsumsi pesertanya hanya berkisar antara 800 sampai 1000 kalori. Jumlah ini jauh dibawah standar kalori yang harus dikonsumsi, hasilnya memang langsung terlihat dengan menurunnya berat badan secara cepat.

Namun akibat dari itu semua adalah metabolisme tubuh akan mengalami penurunan agar dapat menghemat energi yang ada. Selain merasakan lemas, penurunan berat badan secara cepat juga dapat menyebabkan kendurnya kulit, kehilangan kekuatan otot, masalah empedu dan lain sebagainya.

Efek di atas harus tetap diwaspadai jika tidak ingin mengalami masalah kesehatan dalam jangka panjang.

Intensitas makan

Perlu diketahui bahwa metode ini mengharuskan seseorang untuk makan lima kali sehari, tentunya dengan jenis dan makanan yang telah mereka tentukan.

Masalahnya adalah ketika tujuan telah berhasil didapat apakah peserta mampu mempertahankan intensitas tersebut lengkap dengan makanan yang telah diatur? Karena jika tidak maka masalah berat badan akan kembali menghantui para peserta.

Intensitas dan pola makan yang baik berpengaruh terhadap naik atau turunnya berat badan, oleh sebab itu bila hal ini tidak dapat dipertahankan dengan baik maka obesitas tetap menjadi masalah menakutkan.

Sangat rendah lemak

Lemak memang berpotensi terhadap naiknya berat badan dan masalah lain seperti jantung, obesitas dan lain sebagainya. Namun bukan berarti tubuh tidak membutuhkannya.

Kekurangan lemak dapat menyebabkan rambut kusam, anemia, pengeroposan tulang, produksi sel darah merah menurun dan kadang terjadi pendarahan. Hal tersebut tentu bukan masalah sepele karena bukan tidak mungkin dapat menimbulkan gangguan lainnya.

Artinya tubuh tetap membutuhkan lemak untuk menunjang berbagai kebutuhannya, asal tidak berlebihan maka manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh.

Untuk menghindari ketiga efek samping medifast di atas, pastikan untuk menjalankan metode tersebut di bawah pengawasan ahli atau dokter gizi.

tags: ,