Diet Paleo dan Kopi

diet paleo dan kopiDiet paleo menitikberatkan pada makanan yang bersifat alami atau dengan kata lain bersumber langsung dari alam dan menghindari semua jenis makanan olahan atau yang sudah tidak bisa disebut lagi dengan ‘alami’.

Kopi adalah jenis minuman yang tidak memenuhi syarat dalam paleo karena terdiri dari gula dan pada umumnya telah melewati proses pengolahan, akan tetapi banyak orang yang tidak dapat beraktifitas tanpa tanpa disertai dengan mengkonsumsi kopi.

Kalau sudah begini apa dan bagaimana solusinya? Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai diet paleo dan kopi seperti dilansir dari beberapa sumber.

Menu makan paleo

Seperti dijelaskan di awal tulisan ini bahwa kopi tidak termasuk ke dalam menu makan atau minuman yang diperbolehkan. Makanan yang hanya diperbolehkan untuk dimakan atau diminum harus memenuhi berbagai macam syarat seperti berumber dari alam, tidak megnandung banyak karbohidrat, rendah lemak dan gula, kalori yang terbatas, makanan laut dan makanan tinggi protein lainnya.

Dari sini bisa kita ketahui bahwa beberapa jenis kopi tidak memenuhi salah satu syarat di atas sehingga ketentuan awalnya jelas dilarang. Kenapa kami menyebut ‘beberapa jenis kopi’? Karena ada juga kopi yang tidak melalui proses pengolahan, untuk lebih lanjut silahkan baca informasi berikut ini.

Kopi dan paleo

Karena paleo menyaratkan makanan alami, maka kopi yang diperbolehkan bukanlah kopi instant yang sekarang banyak dijual bebas. Sediakan kopi yang bebas pengawet, tidak melalui proses pengolahan dan tentunya belum dicampurkan dengan gula.

Seduhlah kopi dengan air panas dan campurkan dengan sedikit gula atau jenis pemanis lainnya yang tidak mengandung kalori tinggi seperti madu misalnya.

Rasanya mungkin akan sedikit aneh, hal ini wajar karena pada dasarnya para ahli lebih merekomendasikan untuk mengurangi atau bahkan meninggalkan kebiasaan ini.

Namun jika dirasa belum mampu untuk meninggalkan kebiasaan ini maka silahkan beradaptasi dengan cara-cara di atas.

Anjuran dan saran

Kafein dalam kopi atau teh dapat mengganggu fungsi kekebalan tubuh, oleh karenanya dianjurkan untuk menggunakan kopi bebas kafein atau teh rendah kafein.

Saat mulai meninggalkan atau membatasi kebiasaan minum kopi, mungkin kita akan merasakan turunnya energi. Kondisi ini hanya terjadi sementara ketika proses adaptasi berlangsung, bila terus dilakukan maka tidak ada masalah kedepannya.

Kita juga bisa mengalihkan keinginan tersebut dengan minuman lain yang diperbolehkan, silahkan lakukan hal yang menurut anda perlu dilakukan demi berjalannya program diet yang sedang dijalankan.

tags: