Diet harian untuk menurunkan berat badan

diet harianUntuk menurunkan berat badan dibutuhkan perubahan pola makan menuju ke arah yang lebih sehat, makanan sangat berpengaruh terhadap berat tubuh seseorang.

Dalam beberapa kasus tertentu, porsi makan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap naik atau turunnya berat badan seseorang. Namun lain halnya jika difokuskan pada makanan apa yang dikonsumsi.

Satu porsi makanan berserta tinggi dan gizi yang ada di dalamnya justru akan memudahkan orang dalam mengatasi kegemukannya, namun sebaliknya setengah porsi makanan berlemak memberikan andil besar pada masalah obesitas.

Dari sini dapat kita mengerti bahwa pola makan dan selektif dalam memilih makanan yang kita konsumsi tidak bisa diangap sebelah mata.

Jika kita pandai memilih mana yang seharusnya kita konsumsi dan mana yang yang sebaiknya dihindari maka lambat laun masalah kegemukan dapat segera teratasi.

Berikut ini merupakan tips diet harian yang terbukti ampuh dalam menurunkan berat badan seseorang, tips ini dikutip dari beberapa sumber kredibel.

1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah berapa banyak buah dan sayuran yang telah kita konsumsi hari ini, buah dan sayur memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kita mungkin bosan dengan berbagai anjuran ahli gizi terkait dengan pentingnya mengkonsumsi dua jenis makanan tersebut, namun jika masih perduli dengan kesehatan maka tidak seharusnya kita mengabaikan anjuran tersebut.

Dengan mengkonsumsi buah dan sayur dalam jumlah tepat dan teratur, tubuh akan berfungsi dengan baik karena metabolisme tubuh serta sistem imun tidak mengalami gangguan berarti.

2. Konsumsi ikan dua kali seminggu

Ikan memiliki sedikit kalori dan kaya akan omega3, omega 3 sendiri merupakan lemak esensial yang baik untuk kesehatan jantung. Biasakan untuk mengkonsumsi ikan laut sedikitnya dua kali seminggu agar asupan protein hewani tetap terpenuhi.

3. Beras merah atau beras hitam

Kedua jenis beras tersebut memiliki kandungan lemak yang jauh lebih sedikit dibanding beras putih pada umumnya, selain itu keduanya juga dapat mempercepat datangnya rasa kenyang pada pengkonsumsinya.

Hal ini efektif dalam menurunkan porsi makan seseorang sehingga sistem pencernaan dapat bekerja lebih maksimal karena beban yang harus dicerna tidak terlalu banyak.

4. Biasakan mengkonsumsi kacang-kacangan

Masukkan kacang-kacangan ke dalam menu makan harian kita, kacang-kacangan mengandung banyak serta yang membantu pencernaan dalam memproses makanan yang masuk.

Selain itu, tubuh juga akan menerima asupan prootein yang cukup sebagai bekal untuk menjalankan fungsi-fungsinya.

5. Tahu dan tempe

Keduanya sangat baik digunakan sebagai sumber zat besi, semakin banyak zat besi dalam tubuh maka semakin besar pula lemak yang dapat diproses oleh tubuh.

6. Susu dan yogurt rendah lemak

Selain digunakan sebagai sumber utama kebutuhan kalsium harian, keduanya juga diketahui mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Terkait dengan peranan metabolisme tubuh terhadap kegemukan, kita telah mengulasnya di awal-awal tulisan ini.

tags: