Diet Feingold dan Cara Melakukannya

diet feingoldSebuah metode diet yang diperkenalkan oleh Dr. Benjamin Feingold yang bertujuan untuk mengurangi hiperaktif pada anak. Pada tahun 970-an, Dr. Benjamin Feingold menyatakan dalam sebuah buku yang ia tulis bahwa kepekaan seorang anak pada aspirin serta asam salisilat yang biasa ditemukan pada buah serta sayur menjadi penyebab umum ADHD pada anak.

Oleh sebab itu metode ini hanya bertujuan untuk megnatur kembali pola makan pada anak agar dapat mengendalikan gangguan tersebut. Bagaimana cara melakukannya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Di bawah ini merupakan penjelasan lengkap tentang diet feingold dan tahap-tahap melakukannya.

Hilangkan salisilat dan aspirin

Karena keduanya dianggap sebagai pemicu utama terhadap hiperaktif seorang anak maka sebagai orang tua sudah seharusnya memperhatikan apa yang mereka konsumsi. Aspirin dan salisilat adalah peptisida alami pada beberapa jenis buah dan sayur untuk melindungi dirinya dari serangan hama.

Keduanya ada dalam buah dan sayur dan memiliki kadar berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Buah organik misalnya, diduga hanya memiliki kandungan aspirin dan salisilat dalam jumlah sedikit.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang jenis buah dan sayur apa saja yang perlu dihindari, silahkan baca tulisan kami di halaman lainnya.

Hindari makanan berpewarna

Tahap kedua yang perlu dilakukan adalah dengan melarang anak untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat pewarna. Bukan hanya pada makanan namun juga pada berbagai produk seperti pasta gigi.

Selain makanan atau produk berpewarna, anak juga harus dijauhkan dari makanan atau produk yang mengandung minyak bumi dan bahan pengawet.

Semua bahan di atas biasanya ditemukan pada makanan olahan, makanan ringan dan juga makanan yang biasa dijual di toko makanan.

Coba satu persatu makanan yang mengandung aspirin dan salisilat

Kita atau anak kita tidak mungkin menghindari aspirin dan salisilat karena keduanya hampir ada dalam semua jenis buah dan sayur. Oleh sebab itu cobalah satu demi satu sayur dan buah. Jika tidak ditemukan alergi pada buah atau sayur tersebut, maka masukkan ke dalam kelompok makanan yang boleh dikonsumsi.

Namun jika salah satu jenis buah dan sayur mengakibatkan alergi maka hindari jenis makanan tersebut. Sekali lagi cobalah satu persatu untuk mengetahui mana buah dan sayur yang bisa dikonsumsi dan mana yang tidak.

Ketiga langkah di atas merupakan cara dasar melakukan diet feingold, metode ini terdengar sederhana namun pada kenyataannya sangat sulit untuk dilakukan.

Peserta akan mengalami kendala saat mempertahankan pola makan tersebut, namun demi alasan kesehatan maka tidak ada salahnya dipertahankan sebisa mungkin.

Perlu diketahui bahwa metode ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, fakta ini ditemukan dari hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 1990-an.

tags: