Tujuh Tips Perawatan Kecantikan Untuk Kulit Sensitif

perawatan kecantikan untuk kulit sensitifMemiliki kulit sensitif kadang merpotkan, selain karena tidak mudah merawatnya, penggunan produk perawatan kulit sembarangan dapat mengiritasinya.

Untuk itu diperlukan langkah yang ekstra hati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, selain itu tidak dianjurkan menggunakan banyak produk perawatan kulit ataupun makeup secara berlebihan.

Lalu apa saja hal lainnya yang perlu diketahui dalam merawat kecantikan kulit sensitif? Berikut adalah tujuh tips perawatan kecantikan untuk kulit sensitif.

1. Berhati-hati dalam memilih makeup

Sebagian makeup yang beredar di tengah masyarakat didominasi makeup dengan bahan sintesis, bahan yang sebagian besar melibatkan unsur kimia ini berpotensi menggangu kjulit sensitif.

Oleh karenanya dianjurkan untuk mengurangi penggunaannya, atau jika tidak maka pilihlah makeup yang terbuat dari bahan-bahan organik.

2. Jaga kelembabannya

Apa pun jenis kulit anda, kelembaban seimbang merupakan syarat utama terjaganya kecantikan dan kesehatan kulit. Kelembaban yang terjaga dengan baik bukan hanya menghindarkan kulit dari kekeringan, namun juga terbukti ampuh dalam menangkal berbagai jenis kerusakan kulit lainnya.

Oleskan produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda dan lakukan setiap hari.

3. Konsumsi makanan bernutrisi tinggi

Kulit sangat dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi setiap harinya. Semakin tinggi nutrisi dan gizi yang terdapat dalam makanan, maka semakin baik juga efeknya untuk kulit.

Sayuran dan buah-buahan adalah sebagian kecil makanan yang baik untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Sifat antioksidan alami yang umumnya terdapat pada buah dan sayur memiliki khasiat dalam menjaga kulit dari efek buruk radikal bebas.

4. Olahraga secara rutin

Perawatan kecantikan untuk kulit sensitif selanjutnya adalah olahraga. Semakin teratur anda berolahraga maka semakin banyak pula racun jahat yang dapat dikeluarkan dari dalam tubuh. Keberadaan racun ini sangat mengganggu kesehatan dan metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh memiliki kaitan kuat dengan penyerapan nutrisi dan vitamin dari dalam makanan. Semakin baik metabolisme tubuh seseorang maka semakin banyak pula nutrisi dan vitamin yang bisa diserap tubuh untuk kemudian dialirkan ke seluruh anggota badan termasuk kulit.

Dengan berolahraga setiap hari maka anda dapat dengan mudah meningkatkan level metabolisme tubuh.

5. Cuci tiga kali sehari

Karena jenis kulit ini sangat rentan terhadap iritasi dan peradangan yang mungkin diakibatkan oleh kondisi lingkungan yang kurang bersih, maka dianjurkan untuk mencuci wajah tiga kali sehari.

Pilih produk pembersih yang cocok untuk kulit anda dan gunakan sewajarnya saja.

6. Oleskan tabir surya

Tabir surya yang baik seharusnya mampu menangkal radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari. Semakin tinggi level SPF pada tabir surya maka biasanya semakin kuat pula perlindungan yang diberikan.

Gunakan tabir surya yang sedikit mengandung bahan kimiawi dan oleskan setiap kali hendak keluar rumah.

7. Kurangi menyentuh wajah

Tangan termasuk salah satu anggota badan yang banyak bersentuhan dengan benda di sekitarnya. Oleh sebab itu, para ahli menggolongkan anggota badan ini sebagai bagian tubuh yang paling banyak dihinggapi kuman dan bakteri.

Maka dari itu, kurangi menyentuh wajah dengan tangan untuk menghindari perpindahan bakteri ataupun kuman dari ujung jari ke permukaan kulit yang mungkin dapat memicu iritasi.

Patuhi ketujuh tips perawatan kecantikan untuk kulit sensitif di atas, maka niscaya kulit akan tetap sehat dan jauh dari berbagai jenis gangguan.

tags: