Delapan Penyebab Jerawat dan Apa yang Harus Dilakukan

Penyebab Jerawat dan Apa yang Harus DilakukanJerawat memiliki banyak penyebab, tercatat ada sekitar 21 lebih hal yang dapat memicu gangguan ini. Oleh sebab itu kadang kita merasa frustasi dibuatnya karena cukup sulit mengetahui apa penyebab dari gangguan jerawat yang sedang kita alami.

Namun kini anda tidak perlu bingung lagi karena seluruh hal yang ditengarai dapat menyebabkan jerawat akan kami jelaskan seluruhnya di halaman ini.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai delapan penyebab jerawat dan apa saja hal yang harus kita lakukan untuk menghindarinya.

Kuas makeup yang kotor

Hampir setiap wanita menggunakan makeup, dan kuas akan digunakan untuk mengoleskan makeup tersebut ke wajah. Sayangnya banyak wanita beranggapan bahwa kuas yang mereka pakai akan selalu bersih dan tidak perlu dibersihkan.

Padahal faktanya bakteri dan kuman dapat berkembang biak di kuas tersebut dan jika digunakan pada kulit maka perpindahan bakteri dan kuman tidak akan terhindarkan. Kuman dan bakteri merupakan salah satu penyebab umum masalah jerawat jadi pastikan kuas yang digunakan selalu dibersihkan secara teratur.

Masalah gen

Jika salah satu atau kedua orang tua kita bermasalah dengan jerawat, maka ada kemungkinan jerawat yang kita alami disebabkan oleh faktor genetik. Jika benar ini yang terjadi maka tidak ada hal yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya, yang bisa dilakukan adalah mengobati masalah tersebut secepat mungkin agar tidak berubah menjadi lebih parah.

Terlalu sering menyentuh wajah

Menyentuh wajah dengan tangan tidak dianjurkan, karena tangan merupakan anggota badan yang berinteraksi langsung dengan benda di sekitarnya.

Jika benda yang dipegang telah dipenuhi oleh bakteri dan kuman maka secara otomatis akan berpindah ke tangan. Skenario selanjutnya akan sama dengan proses perpindahan bakteri ke kulit dari kuas makeup, silahkan baca kembali point pertama di atas.

Alergi terhadap deterjen

Bagi wanita yang memiliki kulit sensitif maka deterjen dapat menjadi masalah baginya, karena beberapa zat yang ada dalam deterjen diketahui dapat menyebabkan iritasi bagi kulit sensitif dan berakhir dengan masalah jerawat.

Kurang tidur

Apa hubungannya antar jerawat dan kurang tidur? Banyak sekali hubungannya, salah satunya adalah tubuh akan mengalami stres sehingga produksi hormon kortisol akan meningkat tajam. Kortisol sendiri merupakan salah satu hormon manusia yang ditengarai menjadi penyebab munculnya jerawat.

Tidak mengganti seprai secara teratur

Pernahkah terpikir oleh kita bahwa masalah sepele seperti tidak mengganti seprai secara teratur bisa menimbulkan jerawat? Jawabannya mungkin tidak pernah sama sekali.

Seprai yang kotor dapat menjadi tempat favorit bakteri dan kuman berkembang biak, jika keduanya berpindah pada wajah maka infeksi bakteri tidak dapat dihindari.

Pola makan buruk

Kesehatan tubuh dipengaruhi langsung oleh apa yang kita makan, jadi jika kita sering bermasalah dengan jerawat maka perhatikan kembali apa yang kita makan setiap hari dan berusahalah untuk menghndari makanan berlemak tinggi, berkalori dan tinggi gula.

Terlalu sering mencuci wajah atau sebaliknya

Mencuci wajah bertujuan untuk membersihkan kulit dari kotoran, debu, minyak, bakteri dan kuman. Namun jika hal ini dilakukan terlalu sering maka kulit akan menjadi lebih kering dan mudah bermasalah dengan jerawat.

Begitu pula sebaliknya, jarang membersihkan wajah dengan pembersih dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori oleh minyak dan sel kulit mati. Penyumbatan ini menjadi penyebab umum gangguan jerawat pada remaja.

tags: