Delapan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit

manfaat lidah buaya untuk kulitSeperti dijelaskan dalam artikel berjudul tujuh manfaat lidah buaya bagi rambut kemarin, kami telah mengungkapkan sedikitnya tujuh khasiat atau keuntungan yang bisa didapat dari lidah buaya ketika digunakan secara benar dan teratur.

Dalam artikel tersebut kami secara khusus menguraikan tentang keuntungan yang didapat oleh rambut, dan artikel kali ini akan mengupas tentang khasiat penting lidah buaya untuk kulit dan wajah.

Perlu ditekankan di sini bahwa khasiat-khasiat tersebut baru bisa kita rasakan setelah beberapa minggu penggunaan, oleh karena itu dianjurkan untuk terus menggunakan ekstrak lidah buaya secara rutin sampai hasilnya bisa dirasakan.

Berikut adalah delapan manfaat lidah buaya untuk kulit seperti dijelaskan oleh beberapa pakar kulit terkemuka.

1. Meredakan kulit yang terbakar sinar matahari

Paparan sinar matahari dalam jangka waktu tertentu dapat merusak jaringan kulit, efeknya adalah kulit akan lebih gelap atau muncul bercak hitam.

Kerusakan kulit ini sebenarnya bisa dicegah apabila kita sadar begitu pentingnya melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Lalu bagaimana jika kulit sudah terlanjur terbakar sinar matahari?

Banyak produk komersil yang bisa digunakan, namun tidak ada salahnya mencoba cara alternatif. Cara ini dianggap para ahli lebih aman karena tidak melibatkan unsur kimia di dalamnya.

Cukup oleskan gel lidah buaya ke bagian permukaan kulit yang bermasalah dan diamkan selama beberapa menit, lakukan langkah ini terus menerus sampai warna kulit kembali ke asalnya.

Selain menggunakan daging lidah buaya, kita juga bisa menggunakan teh, cuka, mentimun atau minyak atsiri. Untuk lebih jelasnya silahkan artikel yang berjudul cara alami meredakan kulit terbakar matahari.

2. Mengurangi pigmentasi

Manfaat lidah buaya untuk kulit selanjutnya adalah mengurangi masalah pigmentasi pada kulit. Giberelin dan axim adalah dua senyawa yang terkandung dalam daging atau gel lidah buaya.

Kedua zat tersebut diketahui ampuh dalam mengatasi masalah pigmentasi pada permukaan kulit. Cara penggunaannya masih sama dengan point pertama, yakni cukup oleskan gel tersebut ke bagian kulit yang berpigmen dan diamkan selama beberapa saat.

Lakukan langkah tersebut berulang-ulang sampai pigmentasi pada kulit bisa benar-benar disingkirkan.

3. Mengobati jerawat

Secara umum, gangguan jerawat disebabkan oleh infeksi bakteri dan kuman. Jika penyebarannya tidak segera dihentikan maka jerawat bisa menyebar ke daerah lain.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut dan sekaligus mengatasi jerawat membandel, oleskan lidah buaya secukupnya. Sifat anti bakteri pada lidah buaya akan bekerja dengan cara membasmi semua kuman dan bakteri penyebab jerawat.

4. Meredakan alergi

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit adalah kemampuannya dalam meredakan masalah alergi dan iritasi pada kulit. Balurkan daging lidah buaya di permukaan kulit yang terkena efek iritasi atau alergi, dalam beberapa saat rasa gatal dan panas di bagian tersebut akan reda secara perlahan.

5. Digunakan sebagai pelembab

Tahukah anda bahwa tanaman ini bisa digunakan sebagai pelembab alami? Bila anda memiliki masalah ketika menggunakan pelembab komersil, mungkin produk tersebut mengandung senyawa yang menimbulkan reaksi alergi.

Solusinya adalah dengan beralih dari pelembab komersil ke lidah buaya. Cara penggunaannya masih tetap sama dan manfaatnya juga tidak kalah jauh dari produk pelembab berharga mahal.

Selain menggunakan tanaman ini, anda pun bisa membuat produk pelembab berkhasiat tinggi dengan hanya menggunakan beberapa bahan alami saja, tertarik ingin mencobanya? Silahkan baca kembali tahap-tahap dan cara membuat krim pelembab yang pernah kami publikasikan beberapa bulan lalu.

6. Mengatasi eksim

Gatal-gatal yang ditimbulkan oleh eksim tentunya sangat mengganggu, gel lidah buaya bisa digunakan untuk meredakan masalah tersebut.

7. Mengatasi stretch mark

Ekstrak lidah buaya memiliki khasiat dalam mengembalikan kekencangan dan elastisitas kulit, bila digunakan secara teratur maka masalah kulit kendur, stretch mark dan sejenisnya bisa diatasi dengan mudah.

8. Untuk awet muda

Manfaat lidah buaya untuk kulit terakhir adalah dapat membantu anda tampil awet muda, bagaimana cara kerjanya? Lidah buaya memiliki salah satu fungsi yang berguna untuk meningkatkan produksi kolagen.

Seperti kita ketahui bahwa kolagen merupakan salah satu syarat terpenting jika anda menginginkan kulit kencang, elstis dan bebas kerut.

Gabungkan dengan tiga trik agar awet muda yang juga pernah kami jelaskan dalam artikel terdahulu.

tags: