Delapan Manfaat Kunyit Bagi Kecantikan

manfaat kunyit bagi kecantikanTanaman rempah yang berasal dari daratan Asia ini banyak digunakan sebagai bumbu dapur dan keperluan rumah tangga lainnya. Penelitian yang dilakukan oleh banyak lembaga kesehatan menemukan bahwa kunyit memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Apa saja manfaat tersebut? Di bawah ini merupakan delapan manfaat kunyit bagi kecantikan seperti dirangkum dari berbagai hasil penelitian para ahli.

1. Mencerahkan kulit

Salah satu manfaat kunyit adalah kemampuannya dalam meratakan warna kulit, dengan menggunakan kunyit maka kulit akan lebih cerah dan terhindar dari masalah kulit kusam.

Adapun penggunaannya bisa dengan mengoleskannya secara langsung atau menggunakan masker yang terbuat dari kunyit.

Bagi yang belum mengetahui cara membuat masker kunyit untuk mencerahkan wajah, silahkan temukan panduannya di halaman berikut >>> Cara membuat masker kunyit untuk mengatasi kulit kusam.

2. Memperlambat munculnya tanda penuaan

Kunyit juga bermanfaat untuk menunda atau memperlambat munculnya tanda penuaan di wajah. Cara penggunaannya cukup mudah, buatlah sebuah pasta yang terdiri dari bubuk kunyit, sedikit air dan tepung secukupnya.

Oleskan pada wajah dan tunggu sampai mengering lalu bersihkan dengan air.

3. Menyamarkan bercak hitam

Bercak hitam yang ditimbulkan dari paparan sinar matahari bisa dihilangkan dengan mudah dengan menggunakan kunyit. Tumbuk kunyit dan mentimun secukupnya kemudian balurkan pada permukaan kulit.

Diamkan sampai mengering lalu bilas dengan air dingin.

4. Mengatasi jerawat

Jerawat pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri yang didukung oleh permukaan kulit yang tidak bersih. Sifat antiseptik dan antibakteri alami pada kunyit berguna untuk membasmi bakteri tersebut sehingga menurunkan potensi jerawat akibat bakteri.

Bahkan bila digunakan secara teratur maka tanaman rempah ini bukan hanya mampu menghilangkan jerawat namun juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

5. Mengangkat sel kulit mati

Agar kulit tetap cerah dan terbebas dari masalah komedo maupun jerawat, maka mau tidak mau anda harus mengangkat sel kulit mati secara rutin.

Kulit mati yang berpotensi menyumbat pori-pori bisa dihilangkan dengan cara mencampurkan tepung beras, bubuk kunyit dan jus tomat.

Campurkan dan aduk sampai rata lalu oleskan pada wajah. Diamkan sampai kering lalu bersihkan dengan kain lembut lalu bilas sampai bersih.

6. Mengatasi pecah-pecah pada tumit

Salah satu bagian tubuh yang memiliki kadar kelembaban rendah adalah bagian kaki dan juga tumit. Oleh karenanya tidak mengherankan jika kita sering menemukan retakan, pecah-pecah atau kulit bersisik.

Untuk mengembalikan kelembaban tersebut dan sekaligus mengangkat sel kulit mati, lakukan pemijatan setiap hendak tidur dengan menggunakan minyak zaitun yang telah dicampur dengan bubuk kunyit.

7. Menghilangkan ketombe

Kunyit bukan hanya bermanfaat bagi kecantikan kulit namun juga untuk rambut. Salah satu manfaat kunyit bagi rambut adalah dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe.

Campurkan beberapa tetes minyak zaitun dengan sedikit bubuk kunyit, lalu gunakan bahan tadi untuk memijat kulit kepala selama beberapa menit.

Banyak sekali manfaat kunyit bagi rambut, untuk mengetahui manfaat apa yang bisa didapat dari kunyit untuk rambut anda, silahkan buka halaman ini >>> Tiga manfaat kunyit bagi rambut.

tags: