Delapan Manfaat Kacang Tanah yang Harus Anda Tahu

manfaat kacang tanahMeskipun ukurannya terbilang kecil dibanding buah atau sayur lainnya, tapi manfaatnya begitu besar bagi kehidupan manusia. Manfaat kacang tanah meliputi kesehatan dan kecantikan.

Seperti kita ketahui bahwa kandungan protein yang begitu tinggi menjadi salah satu alasan kenapa banyak pakar merekomendasikan makanan ini sebagai sumber utama protein bagi tubuh.

Berikut adalah delapan manfaat kacang tanah bagi kesehatan dan kecantikan seperti dirangkum dari beberapa hasil penelitian berbagai lembaga.

1. Meningkatkan kekencangan kulit

Karena kandungan vitamin E yang begitu tinggi, maka kacang tanah dapat mengencangkan kulit sekaligus mencegah atau lebih tepatnya memperlambat munculnya berbagai tanda penuaan seperti keriput, flek hitam dan garis halus.

Makanan ini juga bisa dijadikan sebagai sumber utama Riboflavin dan vitamin B yang berguna untuk meningkatkan kecerahan kulit.

Untuk itu usahakan agar selalu mengkonsumsi kacang tanah secara teratur agar khasiatnya bisa kita rasakan. Adapun cara pengolahan terbaik adalah dengan merebusnya.

2. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Syarat penting untuk menjaga pertumbuhan rambut diantaranya asupan protein dan omega 3 yang terpenuhi. Karena kacang tanah juga mengandung dua nutrisi penting tersebut maka para ahli menjadikan kacang tanah sebagai makanan yang harus dikonsumsi seteratur mungkin agar pertumbuhan rambut berjalan sebagaimana mestinya.

Vitamin E dalam kacang tanah juga bukan hanya berguna untuk meningkatkan kekencangan kulit, namun juga berkhasiat dalam mengatasi penipisan rambut.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Makanan ini juga diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga organ jantung akan lebih sehat. Maka dari itu pastikan anda memasukkan makanan ini ke dalam menu harian atau bisa juga dijadikan sebagai cemilan sehat.

4. Meredakan stres

Kacang tanah mengandung triptofan, sebuah zat yang mampu meredakan stres dan depresi. Triptofan juga membuat seseorang senantiasa mendapatkan mood yang bagus.

5. Menurunkan glukosa

Kandungan mangan yang cukup tinggi membantu tubuh dalam menyerap lemak dan kalsium sehingga kadar gula darah atau glukosa tetap berada dalam ambang batas normal.

Untuk itu makanan ini juga baik dikonsumsi oleh pasien daibetes, cara yang paling dianjurkan saat mengkonsumsi kacang tanah adalah dengan merebusnya terlebih dahulu tanpa diberikan tambahan gula.

6. Menurunkan resiko batu empedu

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa salah satu manfaat kacang tanah adalah berguna untuk menurunkan resiko seseorang terhadap masalah batu empedu, selain itu makanan ini juga bermanfaat untuk mengurangi resiko infeksi kantung empedu.

7. Mencegah kanker

Dengan mengoleskan selai kacang ke roti gandum atau makanan lainnya, anda sudah dapat menurunkan resiko terhadap berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker lambung dan lain sebagainya.

8. Sumber energi

Kacang disebut-sebut sebagai sumber energi yang jika dikonsumsi maka bukan hanya memberikan tambahan energi pada pengkonsumsinya, namun juga menunda lapar.

Silahkan buktikan sendiri dengan mengkonsumsi beberapa butir kacang tanah, anda akan dengan mudah menunda datangnya rasa lapar.

Itulah beberapa manfaat kacang tanah yang telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian di dunia.

tags: