Delapan Jenis Racun yang Biasa Ditemukan Dalam Kosmetik

jenis racun yang biasa ditemukan dalam kosmetikDari sekian banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran, hanya beberapa perangkat kosmetik saja yang tidak mengandung racun, selebihnya banyak dipenuhi oleh racun berbahaya.

Hal ini diungkap oleh seorang pakar kosmetik asal Amerika bernama Christopher Drummond, ia mencatat setidaknya ada sepuluh jenis racun yang banyak ditemukan dalam kosmetik.

Berikut adalah jenis racun yang biasa ditemukan dalam kosmetik seperti dinyatakan oleh Christopher Drummond dan beberapa pakar kecantikan lainnya.

1. Butil, Methyl, Propyl & Ethyl Paraben

Senyawa kimia di atas lebih banyak digunakan untuk mengawetkan produk tertentu serta menghambat perkembangan bakteri. Bahan kimia tersebut dapat menimbulkan iritasi kulit dan reaksi alergi lainnya.

Meski diketahui dapat menimbulkan banyak gangguan pada kulit, namun faktanya masih banyak produsen yang menggunakan unsur di atas dalam pembuatan produk kosmetik mereka.

2. Diazolidinyl Urea & Imidazolidinyl Urea

Kedua bahan di atas merupakan bahan yang biasa digunakan sebagai pengawet, tidak jarang pula digunakan untuk mengawetkan mayat.

Bahan tersebut tentu saja berbahaya untuk kesehatan manusia, namun masih banyak produk kosmetik yang memanfaatkan diazolidinyl urea atau imidazolidinyl urea sebagai pengawet produk kecantikan mereka.

3. Petrolatum

Petrolatum adalah senyawa yang dihasilkan dari minyak bumi, produk yang banyak mengandung senyawa ini adalah sampo. Silahkan baca di sini untuk informasi selengkapnya (Baca: Zat berbahaya dalam produk kecantikan yang harus anda hindari).

4. Sodium Lauryl Sulfate

Senyawa ini banyak digunakan dalam sampo, tujuannya adalah agar busa yang dihasilkan lebih banyak. Sayangnya senyawa ini bisa menimbulkan iritasi pada mata, kerontokan rambut, ruam pada kulit, reaksi alergi dan ketombe.

5. Pewarna buatan

Rasanya sulit sekali menemukan produk kecantikan yang bebas dari pewarna buatan. Senyawa ini sangat berbahaya dan banyak diyakini ahli sebagai salah satu pemicu kanker.

6. Stearalkonium Chloride

Zat ini awalnya digunakan untuk melembutkan kain, namun entah sejak kapan banyak produsen mulai menggunakannya dalam pembuatan kondisioner mereka. Jika menemukan produk kondisioner yang mengandung senyawa ini lebih baik tinggalkan saja.

7. Pewangi buatan

Dalam pewangi buatan yang ada dalam sebuah produk kosmetik, terdapat sedikitnya 200 bahan campuran lain yang mungkin berbahaya bagi kulit, rambut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

8. Pvp / Va Copolymer

Senyawa kimia yang berasal dari petroleum dan banyak digunakan dalam produk hairspray serta beberapa produk kosmetik lainnya.

Produk ini dianggap berbahaya karena dapat mengganggu kesehatan paru-paru penggunanya.

Masih banyak jenis racun yang biasa ditemukan dalam kosmetik, untuk informasi tambahan silahkan anda baca di kedua halaman berikut (Baca: Bahan kimia dalam produk kecantikan bagian pertama dan senyawa kimia dalam produk kecantikan bagian kedua).

tags: