Delapan Hal yang Wajib Dihindari Oleh Kulit Sensitif

Wajib Dihindari Oleh Kulit SensitifBerikut adalah delapan hal yang wajib dihindari oleh kulit sensitif agar terhindar dari berbagai masalah yang mungkin timbul di masa yang akan datang.

1. Terlalu sering melakukan eksfoliasi

Untuk menjaga kulit tetap segar dan lembut memang dibutuhkan eksfoliasi secara teratur, eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati memang menjadi cara paling efektif dan cepat dalam mengatasi kulit kusam. Namun untuk kulit sensitif, metode ini tidak begitu baik bila dilakukan terlalu sering.

Untuk jenis kulit lainnya mungkin bisa dilakukan sebanyak dua bahkan tiga kali seminggu, namun khusus untuk kulit sensitif kami anjurkan untuk melakukan metode ini satu kali dalam seminggu atau dua minggu saja.

2. Mandi dengan air hangat

Ini adalah salah satu kebiasaan wanita di zaman modern, kebiasaan ini sebenarnya tidak terlalu baik untuk segala jenis kulit apapun. Bila dilakukan terlalu sering maka kulit akan kehilangan kelembabannya sehingga permukaan kulit lebih kusam, bersisik dan pecah-pecah.

3. Menggunakan produk yang mengandung pewangi

Bahan pewangi yang ada dalam beberapa produk kecantikan terbuat dari senyawa kimia yang dapat menimbulkan reaksi negatif pada kulit seperti gatal-gatal, iritasi dan peradangan. Untuk itu hindari semua produk perawatan kulit yang mengandung pewangi buatan.

4. Menggunakan banyak produk

Produk yang kita butuhkan sebenarnya hanya beberapa saja seperti pelembab, pembersih wajah, krim tabir surya dan scrub. Hindari menggunkaan produk perawatan lebih dari itu khususnya untuk kulit sensitif.

5. Tidak membersihkan makeup sebelum tidur

Kebiasaan ini bahkan bisa membahayakan untuk semua jenis kulit, terlebih bila dilakukan pada kulit sensitif. Sisa makeup yang tidak dibersihkan dengan benar dapat membuat kulit kesulitan bernafas dan menyumbat lubang pori-pori, ini adalah salah satu penyebab jerawat dan komedo.

6. Tidak memperhatikan apa yang dimakan

Kulit sensitif sangat rentan terhadap berbagai macam gangguan dari luar seperti sinar matahari, debu, polusi udara dan pencemaran lingkungan, semua itu dapat menimbulkan reaksi negatif pada kulit.

Salah satu hal yang bisa melindungi kulit dari ancaman di atas adalah mengkonsumsi makanan yang benar. Untuk itu perhatikan dengan seksama apa yang harusnya dikonsumsi dan mana yang sebaiknya dihindari.

Sandra LaMorgese, seorang ahli gizi menyarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi semua jenis makanan yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan merupakan sifat yang dari beberapa buah dan sayur yang mampu mencegah atau menangkal bahaya yang datang dari luar.

7. Menggunakan sembarang produk

Untuk kulit sensitif, tidak terlalu banyak produk yang bisa digunakan karena sebagian besar produk perawatan yang beredar di pasaran mengandung senyawa yang dapat mengiritasi kulit sensitif.

Oleh sebab itu hindari menggunakan produk perawatan tertentu tanpa membaca label atau kandungan produk tersebut, silahkan baca di sini untuk mengetahui senyawa apa saja yang harus dihindari oleh kulit sensitif [Baca: Punya kulit sensitif? Hindari empat zat berbahaya berikut ini].

8. Berlebihan dalam membersihkan wajah

Menggunakan pembersih wajah lebih dari dua kali sehari bisa menimbulkan kulit kering, oleh sebab itu gunakan pembersih wajah maksimal dua kali sehari.

tags: