Daftar menu diet zone

menu diet zoneMungkin metode ini adalah yang paling sulit dipahami terutama dari sisi makanan apa saja yang harus kita konsumsi di pagi, siang dan malam hari. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika penjelasan mengenai teknik ini lebih banyak jumlahnya bila dibanding tulisan lain terkait metode diet.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai jenis makanan kita setiap harinya, berikut kami terangkan beberapa hal penting yang semuanya bersumber dari website resmi dan forum yang secara khusus menjadi ajang berbagi tips dan info terkait diet zone.

Berikut adalah beberapa daftar menu diet zone seperti dilansir dari beberapa sumber dan berbagai pengalaman para pesertanya.

Sarapan

Prinsip seluruh program diet pada dasarnya sama yakni mengurangi porsi tanpa harus mengakibatkan kelaparan dan kekurangan nutrisi, begitu pula dengan zone. Metode ini fokus pada bagaimana caranya mengkonsumsi makanan dalam porsi sedikit namun memiliki kandungan protein tinggi.

Oleh sebab itu menu sarapan yang harus dipenuhi oleh para peserta terletak pada pemilihan makanan yang memenuhi syarat di atas. Kandungan karbohidrat yang terbatas namun tinggi protein.

Cranberry, ubi jalar, bayam, apel, ayam kalkun, kemangi dan tomat adalah beberapa contoh makanan yang bisa kita jadikan sebagai menu sarapan. Makanan tersebut tidak mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi namun kaya akan protein.

Tujuan dari aturan sarapan ini adalah untuk menjaga kadar gula darah dan insulin dalam tubuh yang dianggap memiliki pengaruh pada berat badan seseorang.

Makan siang

Untuk makan siang kita diharuskan membagi piring menjadi tiga bagian, bagian pertama kita isi dengan makanan penuh protein, sedangkan kedua bagian terakhir bisa kita isi dengan sayuran dan buah yang tidak mengandung karbohidrat.

Untuk makanan berprotein kita bisa mengambil kalkun, ayam panggang dan ikan atau makanan laut. Sedangkan berapa banyak porsi yang diperkenankan untuk bagian ini adalah sebanyak ukuran telapak tangan.

Untuk menghindari rasa bosan, kita bisa mengubah makanan sumber protein tersebut. Sebagai contoh ayam panggang kita ganti dengan telur dan ikan kita ganti dengan tiram atau kerang.

Makan malam

Menu yang disajikan sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sarapan dan makan siang, kita tetap harus membatasi asupan karbohidrat dan mengkonsumsi banyak makanan berprotein.

Namun pada makan malam kita bisa memasukkan gandum atau beras merah. Contoh mudah menu misalnya kacang hijau dan ikan disajikan secara bersamaan dan ditambahkan dengan buncis. Atau bisa juga dengan ayam panggang yang dilumuri dengan minyak zaitun lalu dikombinasikan dengan saus tomat.

Cemilan atau makanan ringan

Semua makanan ringan yang rendah karbohidrat, minim zat gula, rendah kalori dan rendah lemak dianggap sebagai cemilan yang diperkenankan dalam metode ini.

Kita dapat mengetahui komposisi cemilan tersebut dari bahan yang digunakan, silahkan lihat pada label dalam kemasan produk makanan ringan tersebut.

tags: