Daftar makanan yang dilarang dalam diet vegan

makanan yang dilarang dalam diet veganSeperti telah dinyatakan beberapa hari lalu bahwa metode ini menitikberatkan pada konsumsi buah serta sayur dan meniggalkan seluruh makanan berasal dari hewan ternak.

Dengan bertumpu pada sayur dan buah, diharapkan tubuh mendapat asupan vitamin dan nutrisi tinggi serta rendah lemak sehingga metabolisme dapat bekerja lebih baik lagi.

Metabolisme yang berfungsi dengan baik sangat dibutuhkan untuk melancarkan usaha kita dalam menurunkan berat badan, oleh sebab itulah program diet ini memberlakukan larangan lumayan ketat terhadap makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dilarang dalam program diet vegan, data kami ambil dari sumber atau instruktur resmi.

1. Makanan manis

Maksud di sini adalah makanan maupun minuman yang mengandung pemanis buatan atau terdiri dari gula dalam jumlah banyak. Meskipun sama sekali tidak berasal dari hewan ternak, namun makanan seperti ini tetap dilarang dalam diet vegan.

Hal ini tidak terlepas dari efek samping bahan pemanis tersebut yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi serta naiknya berat badan akibat kalori terlalu tinggi.

2. Makanan bersodium

Makanan selanjutnya yang tidak dianjurkan dalam program ini adalah makanan dengan kandungan yodium tinggi. Makanan seperti ini biasa kita temukan dalam garam, keripik kentang, kerupuk dan makanan asin lainnya.

Alasan dibalik pelarangan ini adalah karena makanan bersodium tinggi dapat memicu tekanan darah tinggi. Penyakit ini sering kali dikaitkan dengan penyakit berat lainnya seperti jantung dan stroke.

Untuk menghindari masalah tersebut, lembaga kesehatan dunia memberikan batasan sebesar 1.500 mg perhari, jika jumlah yang dikonsumsi melebihi itu maka besar kemungkinan kita dapat bermasalah dengan tekanan darah tinggi.

3. Biji-bijian olahan

Pada dasarnya makanan seperti ini sangat dianjurkan dalam diet vegan, namun tentu saja biji-bijian yang lebih alami tanpa harus melewati proses pengolahan.

Beberapa contoh biji-bijian yang telah melewati proses pengolahan diantaranya beras instant atau tepung putih. Pilihlah produk gandum atau beras merah yang lebih sehat dibanding makanan olahan.

4. Lemak jenuh

Dalam metode apapun, makanan dengan kandungan lemak jenuh sangat tidak dianjurkan. Hal ini karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan dapat memicu penyakit jantung.

Beberapa contoh produk yang mengandung minyak ini seperti minyak kelapa serta minyak sawit dan biasanya terdapat dalam permen, coklat atau cemilan lainnya.

Program ini merekomendasikan para pelakunya untuk mengganti minyak tersebut dengan minyak zaitun yang dikenal lebih sehat dan ramah terhadap jantung.

Dengan menghindari keempat makanan di atas, maka diharapkan kita dapat segera menurunkan berat badan dengan cepat dan tentunya dengan cara lebih sehat.

Pada kesempatan mendatang, kita akan mengulas tentang makanan apa saja yang bisa kita konsumsi dalam salah satu program diet ini.

tags: