Daftar Makanan yang Buruk Untuk Kulit

Makanan yang Buruk Untuk KulitUntuk mendapatkan kulit sehat dan cantik tidak hanya bisa dilakukan dengan mengoleskan berbagai produk perawatan yang banyak dijual di toko kercantikan, namun usaha yang harus dilakukan lebih dari itu.

Banyak mengkonsumsi sayur dan buah adalah salah satunya, di kedua jenis makanan tersebut terdapat banyak vitamin dan nutrisi yang dapat membantu kulit beregenerasi dengan baik serta melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Selain itu olahraga secara teratur juga diperlukan untuk mendapatkan kulit cantik seperti yang kita inginkan, dengan berolahraga maka semua racun dalam tubuh dan kulit bisa dikeluarkan melalui saluran keringat dan saluran pembuangan.

Jika racun dapat kita keluarkan maka potensi atau resiko kerusakan yang disebabkan oleh racun tersebut dapat kita minimalisir. Terlepas dari itu semua, ada beberapa hal yang justru kita hindari, salah satunya adalah makanan tertentu.

Beberapa jenis makanan dan minuman justru diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, untuk lebih detailnya silahkan baca tulisan ini sampai selesai.

Berikut ini adalah lima jenis makanan yang buruk untuk kulit seperti dilansir oleh berbagai jurnal kecantikan.

Lemak jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh bukan saja buruk untuk kesehatan jantung dan tubuh, namun juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Lemak ini dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga nutrisi tidak dapat dialirkan ke kulit.

Akibatnya adalah kulit akan kendur karena kehilangan elastisitasnya sehingga kerutan dan tanda penuaan tidak dapat terhindarkan. Makanan yang diketahui memiliki kadar lemak jenuh tinggi meliputi makanan cepat saji, makanan gorengan dan makanan ringan.

Garam

Garam sering dihubungkan dengan penyakit darah tinggi, padahal faktanya makanan yang mengandung banyak garam tidak hanya berakibat pada naiknya tensi darah seseorang, namun juga menyebabkan keriput dan tanda penuaan.

Konsumsi garam terlalu tinggi dapat menyebabkan seseorang dehidrasi, kondisi ini menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya sehingga kulit akan mudah berkeriput.

Tinggi index glisemik

Kadar glisemik terlalu tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan rusaknya kolagen dan elastin sehingga regenerasi kulit akan terganggu dan kelenturan kulit mengalami penurunan.

Bila kondisi ini terjadi dalam jangka waktu lama maka kulit akan terlihat kusam dan kerutan serta keriput akan mudah ditemukan di seluruh bagian tubuh.

Makanan seperti apa saja yang memiliki indek glisemik tinggi? Roti, kentang dan pasta adalah beberapa contoh diantara sekian banyak makanan berglisemik tinggi.

Kita tidak harus menghindari makanan tersebut, namun kadar atau porsinya harus kita batasi sebisa mungkin.

Gula

Kandungan gula yang tinggi dalam makanan atau minuman bukan saja dapat meningkatkan glukosa dan berakibat pada bahaya diabetes, namun juga diketahui dapat merusak kolagen. Kerusakan kolagen dapat membuat kulit tidak mampu beregenerasi dengan baik.

Kafein

Minuman atau makanan yang mengandung kafein tidak terlalu baik jika dikonsumsi dalam jangka panjang, karena diketahui bahwa kafein dapat membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang bukan saja berbahaya bagi kulit namun juga bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

tags: