Daftar Makanan Rendah Glisemik

Makanan Rendah GlisemikMakanan rendah glisemik sangat baik untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes, kegemukan ataupun penyakit jantung. Sayangnya tidak banyak informasi mengenai makanan apa saja yang memiliki indeks glisemik rendah sehingga banyak orang kesulitan dalam menentukan makanan yang harus ia konsumsi.

Oleh sebab itu kami merangkum beberapa jenis makanan yang diketahui memiliki indeks glisemik rendah, tujuannya untuk membantu para pasien yang mengidap diabetes, penyakit jantung atau orang yang sedang menjalankan diet rendah glisemik untuk menurunkan berat badannya.

Berikut adalah daftar makanan rendah glisemik seperti yang kami kutip dari berbagai sumber.

Kelompok biji-bijian

Hampir semua jenis biji-bijian memiliki indeks glisemik rendah, beberapa diantaranya seperti beras merah dan gandum. Dalam satu gelas beras merah hanya memiliki glisemik sekitar 55 saja, sedangkan untuk satu gelas gandum hanya memiliki indeks glisemik sekitar 37.

Jenis makanan yang perlu diwaspadai adalah beras putih karena glisemik pada beras atau nasi putih cenderung tinggi yakni berkisar antara 60 sampai 64. Angka ini tentunya cukup berbahaya untuk pasien diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula darah.

Kelompok protein

Protein merupakan salah satu jenis gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, sayangnya kebanyakan sumber protein yang ada memiliki glisemik tinggi sehingga kurang baik dikonsumsi oleh beberapa orang.

Meski demikian, ada beberapa jenis sumber protein yahng diketahui memiliki glisemik rendah meskipun hanya beberapa saja. Makanan tersebut meliputi segenggam kacang yang hanya memiliki indeks 14.

Kacang mete juga diketahui hanya memiliki indeks glisemik sebesar 30 pergelasnya. Memang tidak banyak sumber alami protein yang memiliki indeks rendah, namun kedua jenis makanan tersebut sudah cukup memberikan kebutuhan tubuh atas protein.

Produk susu

Produk susu juga termasuk salah satu jenis minuman yang memiliki indeks glisemik tinggi, oleh sebab itu konsumen harus lebih berhati-hati dalam memilih produk susu seperti apa yang akan dikonsumsinya.

Jenis produk susu yang disarankan adalah susu rendah lemak karena setiap 8 ons produk susu rendah lemak hanya memiliki indeks glisemik sebesar 32 saja.

Begitu pula dnegan yogurt rendah lemak yang tercatat hanya memiliki indeks sebesar 14.

Kelompok sayur dan buah-buahan

Kedua jenis makanan ini merupakan sumber vitamin, mineral, nutrisi, gizi dan serat alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak makanan dari kedua jenis ini yang memiliki indeks glisemik rendah seperti apel mentahdengan indeks 38, buah jeruk dengan indeks 40, buah persik dan ceri.

Namun hindari segala jenis buah kalengan atau olahan karena umumnya buah tersebut telah memiliki indeks glisemik tinggi karena telah bercampur dengan bahan lain.

Untuk jenis sayur kita bisa memilih seledri, kacang hijau, mentimun, brokoli dan selada yang hanya memiliki indeks sebesar 15.

tags: