Daftar makanan penghilang komedo

makanan penghilang komedoMengkonsumsi makanan bervitamin dan bernutrisi tertentu dapat membuat kita sehat lebih lama dan mencegah bahkan mengobati semua gangguan yang biasa kita dapatkan.

Salah satu gangguan paling populer adalah komedo dan jerawat. Tentang masalah jerawat kita telah banyak membahasnya pada kesempatan terdahulu, sedangkan kali ini kita hanya akan fokus pada masalah komedo.

Kemarin kita telah sama-sama mengetahui kronologi terbentuknya komedo baik di pipi, hidung maupun dahi, silahkan lihat kembali di halaman ini [Baca: Cara mengatasi komedo].

Gangguan tersebut sebenarnya bisa kita cegah atau mungkin juga dapat teratasi hanya dengan mengkonsumsi beberapa makanan tertentu. Tentu saja ini bukan karena makanan tersebut, namun lebih pada vitamin serta nutrisi penting di dalamnya.

Jadi apa yang akan disampaikan di halaman ini bukan merupakan pakem, kita masih bisa mengunakan alternatif lain yang memiliki kandungan gizi sama.

Berikut adalah beberapa makanan penghilang komedo dan jerawat seperti apa yang telah diterbitkan dalam sebuah jurnal.

1. Tinggi protein

Ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus melindunginya dari serangan komedo maupun jerawat, dengan mengganti makanan berlemak menjadi kaya akan protein maka tubuh dan kulit dapat senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai gangguan.

Pritein bisa kita dapatkan dari tanaman maupun dari hewan. Jika berasal dari tanaman seperti sayur dan buah maka lebih dikenal dengan protein nabati.

Sedangkan jika protein tersebut berasal dari hewan seperti daging, telur dan ikan maka kita mengenalnya dengan protein hewani. Keduanya memiliki manfaat yang sama-sama besarnya untuk menunjang metabolisme tubuh kita.

Namun perlu diperhatikan bahwa protein yang berasal dari hewan ternak cenderung mengandung kolesterol dan lemak, oleh sebab para pasien penyakit jantung wajib memperhatikan apa yang mereka konsumsi.

2. Tinggi vitamin C

Sebenarnya makanan bervitamin C bukan hanya baik untuk kulit namun juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah dan menangkal semua bahaya yang datang dari lingkungan sekitar.

Namun karena komedo muncul pada kulit dan kulit merupakan bagian tubuh terluar maka resiko kerusakan pada kulit lebih besar. Oleh sebab itu mengkonsumsi buah atau sayur bervitamin C tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Makanan yang mengandung vitamin C biasanya tinggi antioksidan sehingga bukan hanya baik untuk bagian tubuh yang berada di luar namun juga berfungsi untuk melindungi organ dalam manusia.

Tentang manfaat dan apa saja yang masuk dalam kategori ini, rasanya setiap pembaca pasti telah mengetahuinya.

3. Kaya selenium

Selenium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan kita untuk membantu kulit tetap sehat. Kerang, tiram, daging sapi, unggas dan ikan merupakan beberapa contoh makanan yang memiliki mineral penting ini.

Khusus untuk orang yang memiliki penyakit jantung, daging sapi tidak begitu baik dikonsumsi. Oleh sebab itu pilihlah alternatif lainnya seperti kerang dan tiram yang lebih ramah dengan jantung.

tags: