Daftar makanan pencegah jerawat

makanan pencegah jerawatMakanan memang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap hidup manusia, begitu pula kaitannya dengan jerawat. Setelah kemarin kita mengulas makanan apa saja yang dapat menyebabkan munculnya jerawat [Baca: Minuman dan makanan penyebab jerawat], kali ini kita akan membahas hal sebaliknya.

Apakah benar ada makanan yang bila dikonsumsi dapat mencegah masalah jerawat? Meskipun masih ada perdebatan di kalangan ilmuan tentang ada atau tidaknya, namun satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah apapun yang masuk ke perut kita mempengaruhi kesehatan tubuh.

Oleh karenanyalah banyak ahli berkeyakinan bahwa pada beberapa jenis makanan tertentu, ada sebagian kecil yang ditengarai dapat mencegah masalah jerawat.

Berikut adalah daftar makanan pencegah jerawat seperti dikuti dari beberapa ahli kesehatan kulit.

1. Kaya zinc

Sayuran atau buah-buahan yang mengandung banyak zinc atau zat seng di dalamnya diyakini sebagian ahli dapat mencegah munculnya berbagai penyakit atau gangguan pada kulit.

Zinc bekerja sebagai penyembuh dan meningkatkan atau mempercepat proses regenerasi kulit untuk mengganti jaringan yang telah rusak atau mati. Biji bunga matahari, kacang-kacangan, daging merah dan kacang hijau adalah beberapa contoh sayur, buah dan hewan yang mengandung zinc.

Khusus untuk daging merah, perhatikan kolesterola saat mengkonsumsinya, karena sudah bukan rahasia lagi jika daging tipe ini dapat meningkatkan klesterol dalam darah.

2. Mengandung vitamin A

Selain kaya akan zinc, kita juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber utama vitamin A. Vitamin ini bekerja untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi salah satu penyebab utama permasalahan kulit.

Melon, ubi jalar, produk susu, wortel dan bayam diketahui bermanfaat untuk menjaga serta merawat jaringan kulit. Semua sayuran dan buah tersebut dikenal kaya akan vitamin A.

3. Kaya vitamin B

Vitamin ini bertindak sebagai pelindung kulit dari segala bahaya polusi dan radikal bebas. Bertindak sebagai antioksidan, vitamin B memiliki peranan penting terhadap kesehatan kulit.

Termasuk ke dalamnya adalah vitamin B5 yang memiliki asam pantotenat, senyawa ini berguna untuk mencegah depresi dan stress yang diketahui dapat menyebabkan jerawat.

4. Tinggi vitamin C

Makanan lainnya yang dapat kita jadikan sebagai pencegah masalah jerawat adalah semua jenis buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Tentu beberapa jenis buah dan sayur tersebut sudah kita ketahui.

Jeruk dan tomat adalah contoh buah serta sayur dengan kadar vitamin C tertinggi dibanding jenis lainnya. Melon, kiwi, nanas, pepaya dan brokoli juga tidak kalah hebat dengan jeruk dan tomat.

Vitamin ini berfungsi sebagai penguat sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat antibakteri yang mampu melindungi kulit.

Selain empat jenis makanan di atas, beberapa jenis makanan laut juga diyakini dapat mencegah timbulnya jerawat, beberapa diantaranya seperti ikan salmon dan ikan tuna.

tags: