Daftar makanan ketogenik

makanan ketogenikSeperti telah dinyatakan dalam beberapa kesempatan terdahulu bahwa diet ketogenik lebih mengutamakan makanan tinggi lemak namun rendah karbohidrat, alasan dibalik ini semua sudah pernah kita ulas bersama [Baca: Menurunkan berat badan dengan diet ketogenik].

Diet ini banyak direkomendasikan para dokter pada penderita epilepsi untuk mengurangi kejang-kejang, selain pasien epilepsi, metode ini juga banyak diikuti oleh binaragawan agar pembakaran lemak lebih mudah dilakukan.

Karena menu yang diatur lumayan ketat, maka sebelum menjalankan metode ini diperlukan pengetahuan mendalam baik tentang menu makan yang bisa kita konsumsi atau aturan-aturan lainnya.

Hal ini untuk mencegah terjadinya efek samping yang mungkin kita terima, tentang efek samping metode ini bisa dilihat dalam artikel berikut [Baca: efek samping ketogenik].

Untuk memudahkan para pemula, kita akana bersama-sama menjelaskan secara lengkap tentang makanan apa saja yang bisa kita konsumsi saat menjalankan program ini.

Berikut adalah daftar makanan ketogenik seperti yang dikutip dari sebuah buku berjudul The Ketogenic Diet: A Complete Guide for the Dieter and Practitioner.

1. Minyak

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang tinggi sehingga pelaku ketogenik dianjurkan untuk menggunakan minyak ini dalam setiap masakan mereka.

Selain minyak zaitun, ada beberapa jenis minyak lainnya yang juga dianjurkan dalam ketogenik, diantaranya seperti minak kedelai, minyak bunga matahari dan minyak jagung.

2. Ikan serta daging

Daging merupakan menu utama diet ketogenik, oleh sebab itu pelaku diharuskan menyediakan bahan makanan ini dan mengkonsumsinya setiap hari.

Perlu ada kombinasi antara daging berlemak dan daging tak berlemak. Daging berlemak bisa kita dapatkan dari daging sapi dan kalkun, sedangkan daging yang tidak berlemak bisa kita peroleh langsung dari ayam serta jenis kalkun tertentu.

Kenapa tidak daging kambing tidak termasuk dalam menu makan yang dianjurkan dalam program ini? Karena untuk mencegah lonjakan kolesterol yang tidak terkontrol.

3. Sayuran, susu serta bumbu

Tidak semua sayuran dianjurkan dalam tehnik diet ini, hanya sayuran rendah karbohidrat sajalah yang dianjurkan. Sayuran tersebut meliputi brokoli, selada, mentimun, paprika dan asparagus.

Sedangkan sayuran yang harus dihindari meliputi jagung, wortel, kacang polong dan kentang. Keempat sayuran tersebut memang mengandung karbohidrat tinggi yang sangat tidak dianjurkan dalam ketogenik.

Untuk produk susu, kita diharuskan mengontrol asupan perharinya. Meskipun produk susu biasanya rendah karbohidrat dan tinggi lemak, namun laktosa yang ada di dalamnya membuatnya kurang baik untuk dikonsumsi secara berlebih.

Perlu diperhatikan, jika ada salah satu diantara kita belum memahami benar tentang mekanisme metode diet ini, maka bacalah terlebih dahulu informasi penting berikut [Baca: cara menjalankan diet ketogenik].

Jangan pernah mencoba untuk melakukan program ini tanpa membaca semua panduan penting di halaman tersebut, bacalah baik-baik lalu ikuti semua tahapan yang ada di dalamnya.

tags: