Daftar makanan diet mediterania

makanan diet mediteraniaAda banyak hal yang perlu kita ketahui tentang metode ini, terutama tentang masalah yang berhubungan langsung dengan jenis makanan yang dianjurkan.

Kita tahu bahwa salah satu prinsip dasar metode ini adalah konsumsi makanan rendah lemak jenuh dan gula, namun pada kenyataannya cukup sulit menemukan makanan seperti apa saja yang memnuhi persyaratan tersebut.

Oleh karena itulah maka kali ini kita akan mengulas secara lengkap tentang makanan seperti apa saja yang bisa kita konsumsi saat menjalankan mediterania.

Berikut ini merupakan daftar makanan diet mediterania seperti dikutip dari beberapa sumber ahli dan ahli gizi.

1. Ikan dan daging unggas

Daging unggas dan ikan termasuk salah satu makanan tinggi protein namun rendah lemak. Inilah salah satu makanan yang paling direkomendasikan dalam mediterania.

Yang termasuk ke dalam makanan ini seperti ayam kalkun, tiram, ikan salmon, tuna. kerang, cumi-cumi, lobster dan udang.

2. Lemak tak jenuh

Margarin dan mentega tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena keduanya tidak memenuhi syarat. Salah satu syarat yang berlaku dalam program ini adalah menghindari semua bentuk makanan yang mengandung lemak jenuh karena dapat menyebabkan gangguan pada manusia seperti kegemukan, jantung dan kolesterol.

Sebagai pengganti keduanya, mediterania menawarkan minyak zaitun. minyak ini memang dikenal sangat berkhasiat untuk berbagai keperluan manusia dan aman karena tidak mengandung lemak jenuh.

3. Buah-buahan dan sayur

Untuk point ini rasanya tidak perlu dibahas secara panjang lebar karena hampir dalam setiap metode diet kita pasti mengulas tentang kedua jenis makanan ini.

Buah dan sayur memang tidak akan bisa dilepaskan dari teknik diet apapun juga, selain karena aman dikonsumsi buah-buahan dan sayuran juga mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pada dasarnya semua jenis sayuran dianjurkan, namun khusus untuk sayuran berdaun hijau lebih difavoritkan karena gizi yang ada di dalamnya dapat mempercepat proses mediterania.

Selain itu aturan yang harus dipatuhi mengenai kedua makanan ini adalah sedikitnya kita harus mengkonsumsi 7 sampai 10 jenis sayuran setiap harinya.

4. Produk susu

Produk susu juga masuk ke dalam kelompok makanan penting, akan tetapi hanya produk susu rendah lemak sajalah yang bisa masuk dan boleh dikonsumsi.

5. Biji-bijian

Beberapa biji-bijian memang mengandung lemak jenuh dan karbohidrat tinggi seperti beras putih dan tepung beras. Oleh sebab itu mediterania melarang pesertanya untuk mengkonsumsi biji-bijian yang telah dikteahui mengandung lemak dan karbohidrat.

Untuk jenis biji-bijian yang diperbolehkan meliputi gandum, beras merah dan lain sebagainya.

6. Minuman

Untuk minuman yang direkomendasikan adalah semua bentuk jus buah dan sayur yang rendah gula. Sedangkan jus yang terlalu banyak menggunakan gula tidak diperkenankan.

Selain minuman bergula, mediterania juga melarang pesertanya meminum minuman bersoda dan minuman kalengan.

tags: