Daftar makanan diet makrobiotik

makanan diet makrobiotikSeperti kita ketahui bahwa metode ini berasal dari daratan asia dan bertumpu pada metodologi yang membagi dua hal menjadi Yin dan Yang, sebuah metode unik dan kini banyak diikuti oleh masyarakat dunia.

Dalam makrobiotik pelaku dianjurkan untuk mengkonsumsi semua jenis biji-bijian dan kacang-kacangan, meski demikian banyak juga jenis makanan yang diizinkan walapun ada aturan sedikit ketat di dalamnya.

Ingin tahu jenis makanan apa saja yang diperbolehkan dalam metode diet makrobiotik ini? Simak tulisan ini sampai selesai.

Berikut ini adalah seluruh daftar makanan diet makrobiotik seperti dikutip dari narasumber yang menggeluti program ini dalam waktu lama.

1. Seluruh biji-bijian

Ini adalah makanan pokok dan utama dalam makrobiotik, porsi paling dianjurkan adalah 30 sampai 60 persen dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Tentu bukan jumlah sedikit jika dilihat dari prosentase di atas, meski demikian hanya biji-bijian yang tidak melalui proses pengolahan saja yang diperkenankan.

Jika biji-bijian tersebut telah mengalami proses pengolahan seperti terjadi pada tepung putih dan nasi putih maka makanan ini tidak begitu dianjurkan dalam program ini.

Namun jika kita alergi atau tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi salah satu jenis biji-bijian dengan alasan kesehatan seperti terjadi pada pasien dengan intoleransi gluten, maka tinggalkan semua jenis makanan tersebut.

Oleh sebab iotu peranan ahli gizi atau dokter pribadi sangat penting dan tidak bisa kita lupakan begitu saja.

2. Sayuran

Sama halnya dengan biji-bijian, kita harus memberikan 30 sampai 60 persen porsi perharinya. Sayuran paling dianjurkan adalah semua bentuk sayur yang telah dimasak terlebih dahulu, kecuali jika pelaku memiliki sistem pencernaan kuat dan sangat baik.

Sayur yang masih alami adalah salah satu yang dianjurkan, artinya usahakan untuk mengkonsumsi sayur-mayur yang tidak melalui proses pengolahan.

3. Buncis

Buncis memiliki bagian porsi sekitar 10 persennya saja dari seluruh makanan yang kita konsumsi, buncis masuk ke dalam menu makrobiotik dengan tujuan untuk menutupis kebutuhan nutrisi dan gizi yang ada dalam daging.

Seperti kita tahu bahwa meskipun ini tidak seperti diet vegan yang melarang pelakunya mengkonsumsi hewan ternak atau daging, namun dalam dalam makrobiotik tidak begitu dianjurkan mengkonsumsi daging berlmak tinggi.

4. Makanan tambahan

Makanan tambahan yang diperkenankan dalam makrobiotik diantaranya seperti makanan laut, acar makrobiotik, teh makrobiotik dan lain sebagainya yang penjelasan lengkapnya akan diterbitkan pada kesempatan mendatang.

Makanan yang harus dihindari

Selain empat jenis makanan yang dianjurkan di atas, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh kita konsumsi seperti kopi, teh hitam, gula, terlalu pedas dan juga berpewarna buatan karena diyakini dapat mendatangkan ketidakseimbangan energi tubuh.

Daging dan beberapa produk susu juga diyakini dapat melemahkan tubuh, oleh sebab itu harus dihindari dan mengantinya dengan sayur atau kacang-kacangan yang mengandung nutrisi dan gizi sama.

tags: