Daftar Makanan Diet Feingold

daftar makanan diet feingoldMetode yang dikembangkan oleh Ben Feingold ini dirancang secara khusus untuk mengatasi masalah hiperaktif pada anak maupun orang yang lebih tua. Metode ini lebih menitikberatkan pada pemilihan makanan, oleh sebab itu jenis makanan begitu penting dalam feingfold.

Ben Feingold berpendapat bahwa hiperaktif yang dialami oleh beberapa orang bisa dipicu oleh makanan yang dikonsumsi, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama ini diketahui bahwa ada tiga golongan makanan yang harus dihindari, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel di halaman ini [Baca: Tiga kelompok makanan yang harus dihindari dalam diet feingold].

Makanan tersebut dianggap dapat memicu alergi dan reaksi pada tubuh seseorang dan menjadikannya lebih aktif, bila dikonsumsi oleh anak atau orang yang bermasalah dengan hiperaktif maka efeknya dapat sangat mengganggu.

Lalu makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dalam metode diet ini? Berikut adalah beberapa daftar makanan diet feingold yang bisa dikonsumsi secara rutin seperti dijelaskan dalam sebuah jurnal.

Sayuran, buah dan daging

Seara garis besar, semua jenis daging dan ikan segar boleh dimakan saat menjalankan program diet ini. Untuk sayur dan buah ada kriteria khusus yang harus diperhatikan.

Karena beberapa jenis buah mengandung salisilat maka sebaiknya dihindari untuk menghindari efek negatif pada beberapa orang. Buah yang dianggap memiliki kandungan salisilat tinggi seperti apel, blueberry dan melon.

Sedangkan buah yang dianggap mengandung salisilat dalam jumlah rendah dan masih dalam ambang batas aman untuk dikonsumsi seperti buah pisang, pir dan jeruk nipis.

Tidak mengandung pewarna buatan

Semua jenis makanan yang ada di toko kelontong atau toko makanan bisa dikonsumsi apabila tidak mengandung pewarna sintesis atau buatan. Aturan ini sebenarnya tidak hanya berlaku dalam feingold, namun juga disarankan oleh pakar kesehatan agar kita lebih membatasi asupan atau konsumsi makanan yang mengandung pewarna buatan.

Alasannya tentu saja karena kesehatan, pewarna buatan meskipun boleh digunakan namun tidak selamanya berdampak baik untuk tubuh, terlebih bila pengkonsumsinya memiliki masalah dengan hiperaktif.

Perlu diperhatikan bahwa yang dilarang di sini hanyalah pewarna sintesis, jika makanan tersebut memiliki warna alami maka tidak ada larangan akan hal itu.

Tidak mengandung perasa buatan

Hampir sebagian besar makanan yang dijual mengandung perasa buatan, silahkan lihat pada label produk makanan tersebut dan anda akan melihat apa saja kandungannya.

Memang sedikit sulit menemukan makanan ringan yang tidak mengandung perasa buatan, jika kesulitan menemukannya maka tidak ada salahnya membuatnya sendiri di rumah.

Sirup jagung

Sirup jagung adalah salah satu jenis minuman yang boleh dikonsumsi, meskipun banyak orang lebih menganjurkan peserta feingold untuk meninggalkannya.

tags: