Daftar makanan diet dukan pada fase pertama

makanan diet dukanSeperti telah dijelaskan dalam kesempatan sebelumnya bahwa metode ini memiliki empat fase atau tahapan yang semuanya memiliki aturan masing-masing [Baca: mengenal metode diet dukan].

Jika dilihat lebih dalam lagi maka kita akan menemukan karakterisitik metode ini dengan mudah. Rendah kalori, rendah lemak namun tinggi protein adalah beberapa karakter diet ini.

Agar tidak salah mengerti, sangat dianjurkan untuk membaca dan mempelajari metode ini lebih dalam lagi sebelum mulai menjalankannya. Silahkan baca kembali beberapa artikel yang masih ada hubungannya dengan tehnik diet ini.

Dalam kesempatan kali ini kita hanya akan fokus membahas tentang makanan apa saja yang bisa kita konsumsi ketika berada di tahap pertama.

Berikut ini adalah daftar makanan diet dukan pada fase atau tahap pertama seperti yang dirangkum dari sumber resmi metode ini.

1. Protein

Semua jenis makanan berprotein tinggi yang terdapat dalam makanan apapun bisa kita konsumsi pada fase ini, baik protein yang berasal dari nabati maupun hewani.

Walaupun demikian tetap ada aturan yang tidak boleh dilanggar seperti daging atau sayuran berprotein tersebut tidak boleh mengandung lemak tinggi. Ini artinya daging angsa, bebek dan sapi berlemak tidak boleh kita makan.

Sebenarnya tidak sulit kita menemukan makanan yang mengandung protein dalam jumlah tinggi sekaligus rendah lemak, makanan ini bahkan bisa kita dapatkan di toko penjual makanan mentah atau matang.

Tanyakan pada penjualnya atau bisa langsung memeriksa label yang tertera pada kemasan produk makanan tersebut.

2. Tidak mengandung karbohidrat tambahan

Pada fase ini kita diharuskan untuk memakan makanan rendah karbohidrat, artinya mengkonsumsi makanan berkarbohidrat masih diperbolehkan selama jumlahnya tidak melebihi batas atau masih tergolong rendah.

Jika makanan atau minuman tersebut mengandung karbohidrat tambahan seperti teh berkarbohidrat maka tidak diperkenankan. Teh yang diperbolehkan hanya teh yang tidak mengandung zat tambahan tersebut.

Selain teh kita juga diizinkan untuk meminum kopi dan minuman rendah kalori lainnya. Dalam fase ini kita dianjurkan untuk menambah porsi makanan berserat guna melancarkan sistem pencernaan.

Kesimpulan

Tahap pertama dalam dukan ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tahap induksi yang terdapat dalam diet atkin, yaitu memperbanyak asupan protein agar dapat menstabilkan gula darah.

Selain itu berat badan yang berhasil diturunkan dalam tahap pertama juga relatif besar namun masih membutuhkan kestabilan pola makan dari pelakunya, oleh karenanya kita masih tetap diwajibkan untuk menjalankan proses tersebut sampai ke tahap terkahir.

Selain keuntungan di atas, ada beberapa efek samping yang biasa ditemukan dalam tahap ini seperti gangguan bau mulut dan mulut kering. Namun gangguan tersebut bisa kita atasi dengan meminum air sebanyak mungkin.

Untuk informasi lanjutan yang berkaitan dengan tahapan selanjutnya kita akan membahasnya esok hari.

tags: