Daftar makanan dalam diet hay

makanan dalam diet hayMemisahkan makanan berkarbohidrat dengan protein dianggap oleh metode ini dapat meringkankan beban sistem pencernaan sehingga proses pencernaan dapat berlangsung dengan baik dan metabolisme tubuh dapat meningkat.

Meningkatnya metabolisme tubuh ini bukan hanya baik untuk kesehatan pelakunya namun juga dapat menurunkan berat badan. Oleh karena alasan inilah maka ada istilah ‘makanan kombinasi’ dalam program ini.

Lalu makanan seperti apa saja yang bisa dikonsumsi dalam diet hay? Banyak dan hampir semuanya bisa kita konsumsi, namun seperti yang dijelaskan di awal tadi bahwa pemisahan karbohidrat dan protein tetap tidak boleh dilanggar.

Untuk makanan berkarbohidrat sendiri dianjurkan untuk dikurangi di tahap-tahap awal, sama halnya dengan daging dan lemak. Untuk mengetahui lebih dalam tentang hal ini, silahkan baca beberapa point penting di bawah ini.

Berikut adalah daftar makanan dalam diet hay seperti dikutip dari website resmi program ini.

1. Buah-buahan

Diet hay membagi buah-buahan menjadi empat macam yaitu asam, sub-asam, manis dan melon. Yang termasuk ke dalam buah asam adalah jeruk, tomat dan nanas.

Untuk sub-asam terdiri dari apel, anggur, berri dan buah persik. Sedangkan buah yang dikelompokkan ke dalam buah manis meliputi pisang, kelapa dan pepaya.

Buah manis dapat dikombinasikan atau bisa dikonsumsi secara bersamaan dengan buah yang masuk pada kelompok sub-asam. Ini berarti kita bisa mengkonsumsi apel dan pepaya secara bersamaan dalam satu waktu.

Untuk melon sendiri kita diharuskan untuk memakannya sendiri, tidak boleh dikombinasikan dengan jenis buah lainnya. Selain itu buah asam juga tidak bisa dikombinasikan dengan buah asam karena perbedaan sifat yang terlalu mencolok.

2. Makanan bersifat netral

Jika dilihat lebih seksama, maka makanan netral bisa diartikan sebagai semua jenis makanan yang terdiri dari sayur-sayuran. Termasuk ke dalam kelompok ini adalah rempah-rempah, kacang-kacangan, biji-bijian, mentega dan minyak zaitun.

Untuk jagung, kentang dan labu mengandung karbohidrat tinggi sehingga tidak bisa dimasukkan ke dalam kategori ini. Aturan yang ada dalam program diet ini adalah makanan netral bisa dikombinasikan dengan semua makanan berprotein dan karbohidrat kecuali buah-buahan.

3. Makanan bertepung

Dalam diet hay, makanan bertepung dianjurkan untuk dihindari karena dianggap dapat membuat beban pada sistem pencernaan. Roti putih dan nasi putih adalah contohnya, keduanya dianggap dapat melemahkan pencernaan manusia.

4. Protein

Protein dibutuhkan tubuh untuk berbagai macam keperluan seperti pembentukan jaringan sel, meningkatkan metabolisme tubuh dan lain sebagainya. Dalam metode inipun protein dianggap penting.

Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi diantaranya daging unggas, daging tanpa lemak, ikan, keju, telur dan kacang-kacangan. Makanan berprotein bisa dikombinasikan dengan makanan netral amun dilarang untuk dikonsumsi bersamaan dengan buah-buahan atau makanan berkarbohidrat.

Khusus untuk produk susu berprotein tinggi hanya boleh diminum tanpa dibarengi dengan makanan lainnya.

tags: