Daftar makanan dalam diet golongan darah O

golongan darah OSeperti yang sudah dijelaskan dalam pembahasan terdahulu bahwa metode ini bertumpu pada golongan darah seseorang, sehingga makanan apapun yang akan dikonsumsi jelas akan berbeda antara satu orang dengan lainnya jika memang golongan darah yang dimiliki berbeda pula.

Untuk membahas lebih lanjut tentang metode yang cukup populer di tengah masayarakat ini, kami akan menerangkan beberapa hal penting terkait makanan yang bisa dikonsumsi dalam teknik ini.

Berikut adalah daftar makanan dalam diet golongan darah O seperti dikutip dari beberapa sumber dan buku karangan pencetus gagasan diet ini.

Daging

Pemilik darah golongan O dianggap D’Adamo sebagai pemburu atau manusia yang masih membawa gen dari tipe awal perkembangan manusia. Sehingga tidak seperti golongan lainnya, golongan O cenderung memiliki asam lambung tinggi dan sistem pencernaan kuat.

Oleh sebab itu orang yang memiliki tipe darah seperti ini diperkenankan untuk mengkonsumsi segala jenis daging berprotein tinggi seperti sapi, kambing, unggas, ayam, ikan dan lain sebagainya.

Meskipun demikian ada beberapa pengecualian seperti daging angsa yang tidak boleh dikonsumsi bila diet ini dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan berat badan.

Makanan laut

Orang yang memiliki jenis darah O sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan laut seperti ikan, cumi, kakap dan lain sebagainya. Namun ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi seperti ikan lele dan ikan salmon.

Produk susu

Karena sistem metabolisme tubuh mereka tidak didesain untuk menerima minuman ini, maka tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi atau meminum produk susu.

Lalu bagaimana dengan kandungan penting dalam produk susu tersebut seperti kalsium untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang serta gigi? Kita bisa memperolehnya dari sayuran dan makanan lain seperti ketimun, wortel, tomat dan masih banyak lainnya.

Sayuran dan buah

Karena dapat mengganggu produksi insulin, maka jagung tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Kubis, kembang kol dan sawi juga harus dihindari karena dapat mengganggu fungsi tiroid pada golongan ini.

Sayuran yang diperbolehkan untuk dikonsumsi meliputi bayam, kangkung, selada dan brokoli.

Adapun untuk buah, pilihlah buah yang berwarna gelap karena Dr A’damo mengklaim bahwa buah selain itu dapat memicu alergi. Jeruk juga harus dihindari karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut, hal ini karena kandungan asam yang terlalu tinggi.

Biji-bijian

Jenis darah O sama sekali tidak mentolelir gandum, untuk menurunkan berat badan maka jenis biji-bijian yang boleh dikonsumsi adalah roti dan kacang-kacangan.

Menurut Dr A’damo bahwa masalah berat badan yang sering dialami oleh orang bergolongan darah O sering diakibatkan gluten, gluten sendiri ditemukan dalam gandum sehingga gandum tidak cocok dikonsumsi Golongan O.

Pandangan beberapa ahli

Menurut Katherine Zeratsky, RD, LD, seorang ahli gizi di Mayo Clinic menyatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah tentang keefektifan diet golongan darah, selain itu ia juga menegaskan bahwa membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur akan lebih bermanfaat dibanding harus mengikuti metode ini.

tags: