Cuka Sari Apel dan Manfaat Ajaibnya

cuka sari apelCuka sari apel termasuk salah satu solusi untuk mengatasi berbagai masalah dalam dunia kecantikan maupun kesehatan. Beberapa orang bahkan menyatakan bahwa dengan memasukkan sedikit cuka sari apel ke dalam makanan maka tubuh akan mendapat manfaat kesehatan.

Beberapa orang lainnya justru lebih memilih untuk menggunakan cuka sari apel sebagai media pengobatan untuk diterapkan langsung pada kulit ataupun rambut.

Cuka jenis ini masuk ke dalam kelompok bahan alami bebas bahan kimia sehingga tidak menimbulkan efek samping berbahaya jika dikonsumsi atau digunakan dalam batas sewajarnya.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cuka sari apel dan manfaatnya baik dalam dunia kecantikan maupun dalam dunia kesehatan.

Menyembuhkan jerawat

Cuka sari apel memiliki tingkat keasaman yang dapat mengeringkan jerawat sehingga gangguan tersebut akan lebih mudah dihilangkan dan kulit sehat akan kembali mendominasi.

Mengatur pH wajah

Campurkan beberapa tetes cuka sari epel ke dalam sedikit air bersih lalu terapkan pada wajah, cara ini digunakan untuk tujuan agar pH wajah tetap seimbang sehingga mengurangi masalah kulit kering, berminyak dan bersisik.

Saat menerapkan pada wajah, gunakan kapas lembut dan hanya dioleskan pada bagian dahi, hidung serta dagu.

Mengatasi kulit yang terbakar oleh matahari

Kulit yang terbakar oleh sinar matahari biasanya berubah warna menjadi kemerahan atau kecoklatan, bila dibiarkan maka bekas tersebut akan selamanya berada di bagian tersebut.

Untuk menghilangkannya, masukkan beberapa tetes cuka sari apel ke dalam bak mandi lalu berendamlah di sana selama 10 sampai 20 menit.

Membuat rambut bersinar

Sediakan satu gelas kecil berisi air bersih lalu campurkan setengat sendok makan cuka sari apel ke dalamnya. Cuci rambut dengan sampo seperti biasa lalu oleskan cuka sari apel yang telah dikombinasikan dengan air tersebut ke seluruh helaian rambut dan kulit kepala.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Dengan mengoleskan cuka sari apel ke kulit kepala maka folikel akan lebih cepat terbentuk dan pertumbuhan rambut akan lebih cepat. Selain itu cuka ini pun memiliki khasiat dalam mengontrol ketombe dan mengatasi gatal-gatal di kulit kepala.

Melembutkan kaki

Siapkan air hangat secukupnya lalu masukkan beberapa sendok makan cuka sari apel ke dalamnya, rendamlah kedua kaki selama 10 menit. Metode ini berguna untuk menghilangkan jamur sekaligus melembutkan kulit kaki.

Mengurangi tanda penuaan

Cuka ini juga bisa digunakan untuk menyamarkan dan menghilangkan tanda penuaan seperti flek hitam. Buatlah jus jeruk nipis atau lemon lalu masukkan dua sendok makan cuka ke dalamnya kemudian oleskan pada tanda penuaan tersebut.

Selain manfaat di atas, kandungan asam malat dan kalium dalam cuka ini memiliki banyak manfaat lainnya seperti:

  • Meredakan sakit perut
  • Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
  • Menjaga sistem pencernaan
  • Memecah lemak untuk dijadikan sebagai sumber energi sehingga berat badan akan turun
  • Mengendallikan sekaligus menurunkan kadar gula darah

Untuk mendapatkan manfaat di atas, kita bisa mengkonsumsi cuka sari apel dengan cara mengkombinasikannya ke dalam makanan atau minuman.

tags: