Cuka sari apel dan bekas jerawat

cuka sari apel dan bekas jerawatHampir 85% remaja mengalami gangguan jerawat, hal ini membuat mereka bermasalah dengan persoalan bekas jerawat yang pada umumnya lebih sulit untuk disembuhkan.

Bila gangguan tersebut telah membentuk cekungan maka berobat di dokter kulit adalah ide dan langkah terbaik. Namun bila luka akibat jerawat tersebut masih dalam tahap ringan atau tidak menimbulkan cekungan dan bopeng pada wajah maka perawatan di rumah mungkin masih bisa diandalkan.

Salah satu perawatan di rumah yang biasa digunakan adalah dengan menggunakan baking soda, kita pernah mengulas hal tersebut secara lengkap di halaman ini [Baca: Cara menyembuhkan bekas jerawat].

Selain baking soda, cuka sari apel juga dikenal memiliki khasiat untuk mengatasi luka akibat jerawat, bagaimana teori dan faktanya? Silahkan baca lebih jauh lagi.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cuka sari apel dan bekas jerawat, informasi didasarkan pada jurnal yang ditulis oleh para ahli.

Manfaat

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari cuka sari apel, diantaranya seperti mengatasi bau badan, mengatasi kegemukan dan menghilangkan bekas jerawat ringan.

Penggunaan bisa dengan diminum atau dioleskan langsung pada daerah kulit yang bermasalah, meskipun penggunan bahan ini dalam kaitannya dengan penyembuhan luka akibat jerawat masih dianggap spekulatif, namun karena telah banyak dibuktikan orang maka banyak media-media besar memasukkan cuka tipe ini ke dalam bumbu dapur yang bisa mengatasi luka jerawat.

Cara pemakaian

Para ahli menyarankan untuk mencampurkan sedikit air pada cuka baru kemudian dioleskan pada kulit yang bermasalah dua kali sehari secara rutin dan berkesinambungan sampai persoalan tersebut benar-benar teratasi.

Langkah ini dilakukan guna meringankan segala bentuk peradangan dan infeksi akibat luka tersebut. Kita bisa menambahkan madu jika kulit mengalami penurunan kadar kelembaban.

Selain bisa dioleskan, cuka juga bisa diminum secara langsung. Langkah ini bertujuan untuk mengeluarkan segala bentuk racun yang bisa merusak kulit.

Saran dan pertimbangan

Sebelum mulai menggunakan cuka sebagai media penyembuh, ada baiknya kita konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit. Hal ini berlaku untuk semua bentuk usaha yang kita lakukan secara mandiri dengan menggunakan bahan alami meskipun pada umumnya aman digunakan.

Berkonsultasi dengan dokter bertujuan untuk mengetahui seluk-beluk apa yang sedang kita derita, jika dokter memperbolehkan kita untuk melakukan perawatan di rumah maka kita bisa melanjutkan rencana sebelumnya.

Namun bila ternyata gangguan yang kita alami termasuk berat, maka tidak ada cara lain selain melakukan perawatan di bawah pengawasan ahli medis.

Alternatif lain

Masih banyak buah atau sayur yang memiliki khasiat sama dengan cuka, salah satu contohnya adalah tomat. Tomat memiliki kadar kolagen cukup tinggi sehingga baik untuk digunakan dalam penyembuhan luka pada kulit.

Selain tomat ada juga buah alpukat maupun madu, keduanya sering digunakan untuk merawat kulit oleh banyak praktisi dunia kecantikan.

tags: