Cegah Kulit Berminyak Dengan Menghindari Makanan Ini

cegah kulit berminyakProduksi minyak berlebih memang tidak hanya diakibatkan oleh pola makan semata, banyak faktor lain yang mempengaruhinya seperti genetik, gaya hidup, lingkungan, kebersihan dan lain sebagainya. Meski demikian, pola makan dianggap lebih dominan peranannya dalam memicu atau malah mencegah produksi minyak berlebih.

Jika dalam kesempatan minggu lalu kami telah menjelaskan secara rinci tentang makanan apa saja yang seharusnya dikonsumsi untuk mengatasi kulit berminyak, maka kali ini kami akan memaparkan beberapa jenis makanan yang harus dibatasi agar tidak bermasalah dengan produksi minyak berlebih.

Cegah kulit berminyak dengan menghindari empat jenis makanan berikut ini.

Karbohidrat

Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dapat meningkatkan indek glikemik seseorang, indek glikemik yang tinggi dapat meningkatkan seseorang terhadap resiko diabetes dan penyakit lainnya.

Terkait hubungannya dengan produksi minyak berlebih, sebuah jurnal yang diterbitkan pada tahun 2010 melansir bahwa ada hubungan kuat antara glikemik dan produksi minyak berlebih. Dari hasil study ditemukan bahwa seseorang yang memiliki indek glikemik rendah jarang bermasalah dengan kulit berminyak.

Namun pada sebagian besar orang yang memiliki indek glikemik tinggi lebih sering berhadapan dengan masalah minyak berlebih. Meskipun penelitian masih terus berlangsung hingga sekarang dan belum bisa dianggap final, namun beberapa pakar kulit telah meyakini keabsahan teori di atas.

Makanan bergula

Mengkonsumsi makanan atau minuman bergula juga diketahui dapat meningkatkan kadar glukosa sekaligus glikemik pada seseorang. Oleh sebab itu batasi asupan gula bila ingin terhindar dari masalah ini. Minuman bersoda, permen, krim, selai, sirup adalah beberapa contoh makanan dan minuman yang patut dihindari.

Sebagai gantinya pilihlah makanan seperti wortel, jeruk, bayam yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Daging berlemak

Daging yang memiliki kandungan lemak tinggi dapat meningkatkan kolesterol dalam darah dan berpotensi terhadap serangan jantung. Efeknya juga tidak terlalu baik untuk kesehatan kulit karena produksi minyak akan meningkat tajam.

Dr. Nicholas Perricone, seorang ahli gizi menganjurkan untuk mengurangi konsumsi daging berlemak dan beralih ke makanan yang lebih sehat seperti ikan dan makanan laut. Makanan ini berguna untuk menjaga kecantikan kulit dan memiliki andil besar dalam menjaga perkembangan otak.

Cemilan

Semakin tinggi konsumsi makanan ringan maka semakin tinggi pula asupan sodium, gula dan kalori. Bila kebiasaan ini terus berlangsung dalam waktu lama maka dapat menyebabkan obesitas, serangan jantung, diabetes dan berbagai penyakit lainnya.

Bukan itu saja, kulit juga akan menerima dampak langsung seperti kulit menjadi kusam, lebih berminyak dan munculnya tanda penuaan dini. Kandungan lemak jenuh dalam makanan ringan juga diketahui dapat meningkatkan produksi minyak pada seseorang.

Keempat jenis makanan di atas harus dibatasi porsinya bila tidak ingin bermasalah dengan kulit berminyak, cobalah untuk mengganti keempatnya dengan makakanan yang lebih sehat dan segar seperti buah dan sayuran.

tags: