Cara tradisional menghilangkan bekas jerawat

cara tradisional menghilangkan bekas jerawatDalam banyak kasus, bekas jerawat justru lebih sulit disembuhkan dibanding dengan gangguan jerawat itu sendiri. Hal ini wajar karena bekas atau luka yang ditinggalkan oleh beberapa jenis jerawat meninggalkan kerusakan pada jaringan kulit.

Untuk memperbaiki kerusakan tersebut kita bisa melakukan terapi laser atau pembedahan, tapi tentunya tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Oleh sebab itu tidak banyak orang yang memiliki akses ke metode tersebut.

Bagi anda yang tidak memiliki anggaran lebih atau memang tidak begitu yakin untuk melakukan terapi tersebut, ada cara tradisional yang bisa dicoba.

Berikut ini adalah beberapa cara tradisional menghilangkan bekas jerawat seperti dikutip dari Mayo Clinic dan beberapa pakar kulit.

1. Menggunakan nanas

Seperti dinyatakan oleh American Chronicle, nanas merupakan salah satu jenis buah yang mengandung vitamin C tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk memperbaiki jaringan kulit.

Cukup haluskan buah nanas secukupnya lalu oleskan pada bekas jerawat dan tunggu selama 15 menit, bilas sampai bersih dengan air dingin. Lakukan tips ini satu kali sehari sampai kulit kembali halus.

2. Masker yogurt

Banyak sekali tipe masker wajah, semuanya menggunakan bahan berbeda dan manfaatnya pun berbeda pula. Untuk menghilangkan bekas jerawat kita hanya akan menggunakan oatmeal, yogurt dan jeruk lemon.

Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk lalu aduk sampai rata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin sampai bersih. Lakukan langkah ini setiap hari sampai masalah teratasi.

3. Jus lemon

Cairan jeruk lemon memiliki kandungan yang dapat mencerahkan wajah, seperti kita tahu bahwa bekas jerawat pada umumnya berwarna gelap atau kemerahan. Masalah ini bisa diatasi hanya dengan menggunakan beberapa tetes cairan jeruk lemon.

Peras jeruk lemon dan tuangkan cairannya ke kapas, oleskan pada noda jerawat dan diamkan selama 15 menit. Ulangi langkah tersebut sedikitnya dua hari sekali.

Perlu diperhatikan bahwa cairan ini memiliki efek lumayan keras untuk kulit sehingga bila digunakan maka akan terjadi pengelupasan pada kulit, hindari pula berada di bawah terik matahari.

4. Baking soda

Baking soda merupakan media alami untuk pengelupasan kulit, fungsinya tentu saja untuk mengangkat sel kulit mati sehingga memberikan kesempatan pada jaringan untuk meregenerasi kulit.

Bila proses regenerasi berjalan lancar maka bekas atau noda tersebut akan hilang dengan sendirinya. Caranya sangat mudah, cukup campurkan baking soda dengan air secukupnya lalu aduk sampai membentuk pasta.

Gunakan pasta tersebut untuk memijat bagian wajah yang bermasalah selama dua menit kemudian bersihkan.

5. Jus mentimun

Ambil buah mentimun secukupnya lalu haluskan, oleskan pada bagian wajah yang bermasalah dan diamkan selama 20 menit. Bilas sampai bersih dengan air. Lakukan tips tersebut secara teratur sampai bekas atau noda jerawat benar-benar hilang.

Perlu diperhatikan bahwa tips di atas hanya akan bekerja bila bekas jerawat tidak berbentuk cekungan atau bopeng, namun bila membentuk cekungan maka tidak ada jalan lain kecuali mendatangi dokter kulit setempat.

tags: