Cara Terbaik Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Menghilangkan Jerawat Secara AlamiTidak ada satu orang pun yang rela ketika orang lain mengenali dirinya dari jerawat yang tumbuh di wajahnya, namun mencegah jerawat sangatlah sulit apalagi bagi kalangan remaja.

Remaja baik putra maupun putri sangat rentan terhadap masalah ini, hormon yang cenderung tidak stabil menjadi salah satu sebab munculnya jerawat di wajah. Bila tidak diatasi secara tepat maka wajah akan dipenuhi oleh jerawat.

Untuk itu perlu penanganan tepat agar terhindar dari masalah yang satu ini, hal ini bukan berarti kita harus menggunakan krim anti-jerawat sepanjang masa, karena krim tersebut pada dasarnya hanya dirancang untuk menghilangkan, bukan untuk mencegahnya.

Langkah terbaik yang bisa kita lakukan adalah mencegah kemunculannya, namun bila sudah terlanjur bermasalah dengan jerawat maka tidak ada cara lain selain menghilangkan persoalan tersebut baru kemudian melakukan berbagai cara untuk mencegahnya kembali.

Menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan dua cara, menggunakan produk komersil dan menggunakan bahan alami. Kali ini kami hanya akan menjelaskana tentang bagaimana mengatasi persoalan tersebut dengan menggunakan bahan dasar yang ada di sekitar kita.

Berikut adalah cara terbaik untuk menghilangkan jerawat secara alami seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Minum 8 gelas tiap hari

Tubuh membutuhkan air untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan kulit melalui saluran pembuangan atau kelenjar keringat, bila racun ini tidak bisa dikeluarkan maka dapat menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh tertentu termasuk kulit.

Selain itu air juga diperlukan agar terhindar dari bahaya dehidrasi yang efeknya dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Delapan gelas perhari adalah takaran standar, jumlah ini tidak mengikat karena kebutuhan tiap orang berbeda-beda, jadi sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

2. Tingkatkan asupan vitamin

Berbagai gangguan dan kerusakan yang menimpa kulit bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi penting. Omega 3, vitamin A dan Zinc adalah contoh mineral dan vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit.

Jika kulit kekurangan nutrisi di atas maka akan sangat rentan terhadap berbagai macam gangguan termasuk jerawat. Pastikan anda tidak kekurangan vitamin dan nutrisi di atas karena akan berdampak langsung pada kulit.

3. Juahkan wajah dari minyak berlebih

Meskipun masalah ini bisa menimpa jenis kulit apapun, namun fakta menunjukkan bahwa kulit berminyak sangat rentan dengan jerawat. Produksi minyak berlebih menjadi masalah tersendiri karena banyak faktor yang memicunya, silahkan lihat tulisan kami lainnya untuk mengetahui faktor apa saja yang diduga para ahli menjadi pemicunya.

Selain mengontrol minyak dari dalam, kita juga harus memperhatikan minyak yang berasal dari luar seperti minyak rambut. Bagi yang terbiasa menggunakan minyak rambut, maka harus mewaspadai terjadinya perpindahan minyak dari rambut ke wajah.

4. Mencuci wajah

Cukup lakukan dua kali sehari, jangan terlalu sering karena bisa menyebabkan kulit kering. Gunakan pembersih wajah yang bersifat ringan dan berbasis cair.

5. Gunakan madu dan kayu manis

Sediakan bubuk kayu manis secukupnya lalu campurkan dengan satu sendok teh madu, aduk sampai berbentuk pasta atau krim lalu oleskan ke bagian jerawat, lakukan langkah ini tepat sebelum tidur.

tags: