Cara terbaik mencegah kerontokan rambut

mencegah kerontokan rambutAmerican Hair Loss Association melansir bahwa kerontokan yang terjadi pada para wanita pada umumnya dimulai dengan penipisan yang terjadi di semua area kepala.

Ini sedikit berbeda dengan pola kerontokan pada pria (alopesia androgenik), banyak metode dan tehnik telah dikembangkan oleh para ahli untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa diantaranya telah kita bahas dalam kesempatan terdahulu [Baca: Cara mengatasi penipisan rambut pada wanita], selain langkah pada halaman tersebut, kita juga bisa menggunakan langkah-langkah yang akan kita bahas di halaman ini.

Seperti kita tahu bahwa penipisan pada wanita merupakan gejala awal kerontokan dan bisa bersifat permanen, untuk itu diperlukan penanganan tepat agar masalah tersebut tidak mengarah pada kebotakan.

Berikut adalah cara dan metode terbaik untuk mencegah kerontokan rambut seperti yang dikutip dari beberapa pakar kesehatan rambut ternama.

1. Konsultasikan dengan dokter

Hal ini dilakukan agar kita mengetahui masalah yang sedang dihadapi merupakan kelainan genetik atau karena faktor lain, pencegahan yang diperlukan tentu saja berbeda.

Gangguan yang disebabkan oleh gen cenderung lebih sulit diatasi, sedangkan jika pemicu masalah tersebut diakibatkan karena pola makan atau kekurangan gizi maka peluang kita untuk sembuh lebih besar.

Langkah ini tidak bisa dilewatkan karena akan berpengaruh pada efektif atau tidaknya pengobatan yang kita ambil.

2. Gunakan minoxidil

Minoxidil merupakan obat topikal, berguna untuk mencegah terjadinya kerontokan, obat ini bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Perlu digarisbawahi bahwa penggunaan obat ini harus dengan izin dokter terkait.

Setelah dokter mengizinkan, kita bisa mendapatkan minoxidil di apotik terdekat. Oleskan minoxidil ke rambut dua kali sehari dan tunggu sampai mengering, bilas dengan air bersih.

3. Gunakan shampoo ketoconazole

Shampoo ini berguna untuk mengurangi sekaligus mencegah kerontokan yang diakibatkan oleh infeksi jamur, produk ini bisa kita temukan di toko terdekat.

Perhatikan label yang tertera pada kemasan produk tersebut, jika kesulitan menemukan produk shampoo tersebut, silahkan kunjungi apotik atau tanyakan langsung pada dokter terkait.

4. Pemijatan kulit kepala

Untuk point satu ini kita telah mengulasnya pada beberapa bulan lalu, untuk detail lengkap bisa dibaca kembali pada halaman berikut ini [Baca: Cara mencegah rambut rontok].

Di halaman tersebut, sedikitnya ada tiga langkah yang bisa kita jalankan untuk mencegah dan mengatasi masalah pada rambut, silahkan coba satu persatu.

5. Konsumsi makanan bervitamin A, C dan E

Vitamin A berfungsi untuk meningkatkan sebum atau minyak yang berfungsi untuk melumasi akar rambut sehingga akan lebih kuat dari akarnya.

Sedangkan vitamin C berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan mencegah semua hal yang dapat merusak rambut. Untuk vitamin E sendiri digunakan untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala sehingga nutrisi dan vitamin yang kita peroleh dari makanan dapat didistribusikan ke kkulit kepala.

Selain vitamin-vitamin di atas, masih ada beberapa lagi yang tidak bisa dijelaskan di sini, untuk informasi lengkapnya silahkan baca di halaman berikut [Baca juga: 7 vitamin untuk rambut].

tags: