Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat

cara mudah menghilangkan bekas jerawatSeperti diungkapkan oleh Mayo Clinic bahwa bekas jerawat adalah luka pada permukaan kulit yang paling sulit untuk disembuhkan. Meskipun kolagen yang ada dalam kulit berusaha memperbaiki jaringan rusak namun hal tersebut tidak sepenuhnya dapat diatasi sendiri.

Butuh berbagai metode penyembuhan untuk mempercepat dan meningkatkan prosentase keberhasilan, dan salah satu metode untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan vitamin E.

Vitamin E yang bisa kita dapatkan dari sumber alami seperti buah serta sayur, atau bisa kita peroleh dari berbagai merk suplemen yang beredar luas di pasaran memang memiliki sifat antioksidan yang dapat mempercepat penyembuhan jaringan kulit rusak.

Hal ini berlaku bukan saja pada bekas jerawat namun juga bisa diaplikasikan pada bekas luka lainnya seperti luka bakar, tergores dan lain sebagainya. Dengan mengoleskan serbuk atau bubuk vitamin E di atas luka diharapkan proses regenerasi atau penggantian kulit baru dapat segera berlangsung.

Teori di atas diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Miami Department of Dermatology and Cutaneous Surgery di tahun 1999 yang menemukan fakta baru bahwa dengan mengoleskan bubuk vitamin E pada luka dapat melembabkan area tersebut sehingga dapat menyamarkan jaringan fibrosa pada luka.

Lalu bagaimana cara penggunaan vitamin E pada noda yang ditinggalkan jerawat? Silahkan ikuti tahap-tahap mudah di bawah ini. Berikut adalah cara mudah menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan sederhana.

Langkah 1

Siapkan terlebih dahulu beberapa kapsul vitamin E, jika anda belum memilikinya silahkan beli di toko obat atau apotik terdekat. Harganya relatif murah dan tersedia dalam berbagai merk.

Jangan lupa untuk membeli minyak vitamin E untuk memudahkan kita dalam menjalankan metode ini, minyak ini bisa ditemukan di berbagai toko dan harganya tidak terlalu mahal.

Langkah 2

Patahkan kapsul vitamin tersebut dan ambil bagian dalamnya, bagian dalam inilah yang akan kita gunakan. Sebelum menerapkannya pada bekas luka, bersihkan terlebih dahulu bekas luka atau jeraat dengan menggunakan sabun lembut, bilas sampai bersih dan tunggu sampai benar-benar kering.

Langkah 3

Campurkan beberapa tetes minyak vitamin E ke dalam serbuk yang kita peroleh dari kasul lalu aduk sebentar. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan minyak ini harus benar-benar dibatasi karena bila terlalu banyak maka justru dapat memicu munculnya jerawat baru.

Setelah rata, oleskan campuran serbuk dan minyak tadi di atas luka atau bekas jerawat. Biarkan sampai benar-benar mengering lalu bilas dengan air sampai bersih.

Ulangi langkah di atas maksimal dua kali sehari, jangan lupa untuk selalu memperhatikan reaksi kulit saat menggunakannya. Bila ditemukan tanda iritasi maka segera hentikan pemakaian.

Meskipun cara di atas sedikit rumit namun khasiatnya telah terbukti dan tidak perlu diragukan lagi. Bila dijalankan secara teratur maka dalam beberapa hari atau minggu ke depan noda atau luka dapat segera disingkirkan.

Lamanya waktu pengobatan relatif berbeda, tergantung dari jenis dan tingkat keparahan bekas jerawat atau luka tersebut.

tags: