Cara mudah menebalkan rambut

menebalkan rambutSeiring dengan bertambahnya usia, pertumbuhan rambut akan mulai berkurang dan penipisan pada rambut akan mulai terjadi. Hal ini tentu saja merupakan hal alami.

Meskipun begitu, ada langkah dan tips yang bisa kita gunakan untuk mensiasatinya. Dengan melakukan beberapa tips di halaman ini maka penipisan yang mengarah pada kerontokan dapat segera dihentikan.

Selain itu, tips ini juga mempermudah kita dalam mendapatkan rambut yang lebih tebal dibanding sebelumnya. Namun untuk mencapai semua ini jelas membutuhkan kesabaran dan keuletan.

Berikut ini merupakan cara mudah menebalkan rambut seperti dikutip dari beberapa jurnal kecantikan online.

1. Perbanyak asupan vitamin B

Salah satu penyebab kerontokan dan penipisan adalah stress atau depresi, pada masa ini tubuh akan memproduksi zat yang bukan saja mempengaruhi kesehatan rambut namun juga dapat menurunkan kekebalan tubuh seseorang.

Maka jika ini dibiarkan folikel akan mengalami kerusakan dan kita mudah terserang berbagai macam penyakit. Fungsi vitamin B di sini adalah sebagai pereda stress.

Oleh karenanya para pakar di universitas Maryland Medical Center merekomendasikan kita agar memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B.

Sayuran berwarna hijau, biji-bijian, ragi dan hati merupakan beberapa contoh sumber alami vitamin ini. Selain mengambil langsung dari sumber alami tersebut, kita juga bisa memperolehnya melalui suplemen.

2. Vitamin D

Seperti dinyatakan oleh University of California, kekurangan vitamin D dapat menjadi pemicu terjadinya penipisan dan kerontokan. Oleh sebab itu jika gangguan ini sedang kita hadapi maka ada kemungkinan tubuh kekurangan vitamin D.

Vitamin ini disintesis oleh kulit saat sinar matahari mengenai tubuh kita.

3. Vitamin E

Peredaran darah yang lancar membuat nutrisi dan vitamin dapat disuplai dengan baik ke seluruh tubuh termasuk kulit kelapa dan folikel. Jika yang terjadi sebaliknya maka kulit kepala akan kekurangan nutrisi dan vitamin sehingga pertumbuhan rambut dapat terganggu.

Untuk mengatasi persoalan tersebut kita bisa mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin E. Vitamin ini dikenal ampuh dalam melancarkan sirkulasi darah sseorang.

Hati, minyak sayur, telur, sayuran berwarna hijau dan kacang-kacangan merupakan contoh sumber alami vitamin ini. Kita juga bisa memperolehnya dari suplemen yang dijual di apotik dan toko terdekat.

4. Teh

Bukan saja kaya antioksidan, namun juga mengandung silika dan selenium yang bermanfaat bagi kesehatan folikel. Oleh sebab itu banyak ahli merekomendasikan teh sebagai pencegah kerontokan.

5. Minyak alami

Beberapa jenis minyak yang masuk ke dalam kelompok ini diantaranya minyak atsiri, minyak rosemary dan minyak zaitun. Ketiganya dikenal ampuh dalam menghentikan penipisan dan memicu pertumbuhan rambut yang lebih subur.

Jika semua hal di atas kita jalankan maka rambut akan mulai tumbuh dan perkembangannya akan lebih sehat dan tebak dibanding sebelumnya. Jalankan secara rutin agar hasilnya sesuai dengan harapan kita.

tags: ,