Cara merawat rambut keriting

merawat rambut keritingJika sebelumnya kita menganggap bahwa dengan rambut keriting kita tidak dapat tampil maksimal maka pikirkanlah kembali baik-baik setelah membaca beberapa tips yang disajikan dalam artikel ini.

Trend atau mode gaya rambut di masa sekarang ini memang didominasi oleh lurus dan panjang, meskipun demikian kita tidak perlu berkecil hati karena jika perawatan yang dilakukan tepat maka niscaya kita tetap dapat tampil trendi dan mempesona di depan orang banyak.

Berikut adalah 4 cara merawat rambut keriting seperti yang dilansir dari berbagai sumber penting dalam dunia kecantikan dan kesuburan rambut.

1. Lakukan pemijatan secara teratur

Dalam beberapa artikel sebelumnya telah dijelaskan berulang kali bahwa pemijatan diperlukan bukan saja bagi rambut lurus, namun juga untuk rambut ikal dan tipe lainnya.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar semua nutrisi yang dihasilkan dari makanan bisa dialirkan dengan baik ke kulit kepala. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan dan kesuburannya.

Lalu apa kaitannya antara nutrisi dan pemijatan? Sangat erat kaitannya, pemijatan yang teratur dapat membuat aliran darah ke kulit kepala menjadi lancar, seperti kita tahu bahwa darah membawa serta vitamin dan nutrisi untuk dialirkan ke seluruh bagian tubuh.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa jika peredaran darah tidak mengalami gangguan maka hampir dapat dipastikan semua anggota badan menerima asupan vitamin dalam jumlah tepat.

2. Hindari penggunaan pengering rambut

Jika tidak dalam keadaan terpaksa maka lebih baik mengeringkannya dengan cara manual, biarkan mengering dengan sendirinya. Ini akan lebih baik dibanding dengan penggunaan hair dryer.

Hair dryer diketahui dapat membuat rambut kering jika digunakan terlalu sering.

3. Manfaatkan lotion pelembut

Tidak ada salahnya sekali-kali kita menggunakan produk ini, lotion tersebut difungsikan untuk melembutkan rambut agar tingkat keikalannya tetap dalam batasan normal.

Dengan menggunakan lotion diharapkan kita dapat lebih mudah menatanya, namun penting untuk diperhatikan bahwa periksa kembali kandungan yang terdapat pada lotion tersebut.

Jika terdapat bahan kimia maka sebaiknya hindari sebisa mungkin, pilihlah produk yang benar-benar aman agar tidak timbul masalah kedep[annya.

4. Shampoo pelembab

Shampoo yang mengandung dimethicone dibutuhkan untuk melembutkan dan melembabkan rambut, oleh sebab itu perhatikan baik-baik kandungan apa yang terdapat dalam shampoo tersebut.

Kita bisa mengetahuinya lewat label yang tertera pada kemasan. Kenapa shampoo seperti ini penting? Alasannya karena rambut ikal membutuhkan kelembaban yang lebih tinggi dibanding jenis lainnya.

Jika ini tidak dipenuhi maka hampir dapat dipastikan kita akan mengalami berbagai masalah seperti bercabang, gatal-gatal bahkan kerontokan.

Dengan melakukan semua langkah di atas kita bukan saja dapat membuatnya tetap sehat tapi juga tampak indah dipandang.

Bukan tipe atau jenis rambut yang menentukan semenarik apa diri kita, namun lebih pada kesehatan dan kesuburannya.

tags: ,