Cara merawat rambut gimbal

merawat rambut gimbalGaya rambut ini sebenarnya berasal dari Afrika-Amerika, namun seiring berkembangnya zaman maka model seperti ini pun populer di berbagai negara termasuk Indonesia.

Dari sisi perawatannya sendiri bagaimana? Jelas tidak semudah merawat rambut biasa karena model seperti ini cenderung keras dan susah untuk dirawat hanya dengan cara-cara biasa saja.

Perawatan dilakukan setelah empat bulan pertama masa transisi dari gaya biasa ke rambut gimbal, perawatan ini dilakukan agar tetap sehat dan terbebas dari bahaya kerusakan.

Ada beberapa tahapan dan langkah yang perlu dijalankan untuk menghindari kerusakan tersebut, di bawah ini adalah penjelasan selengkapnya.

Berikut adalah cara merawat rambut gimbal seperti dikutip dari berbagai pakar kecantikan dan perawatan rambut internasional.

1. Cuci secara teratur

Banyak mitos yang menyatakan bahwa kita tidak perlu mencucinya karena dapat merusak tatanannya, hal ini dipastikan tidak benar sama sekali. Proses pencucian dilakukan agar tidak kotor dan menjadi tempat bersarangnya jamur dan bakteri yang justru dapat merusak dan menyebabkan kerontokan.

Meskipun begitu, ada cara khusus dalam mencucinya dan berbeda dengan mencuci rambut biasa. Dalam penggunaan sampo, usahakan untuk tidak mengoleskan cairan sampo tersebut.

Yang kita butuhkan hanya busanya saja, jadi lakukan berbagai cara agar sampo tersebut berbusa lalu kemudian baru kita oleskan busa tersebut ke seluruh rambut.

2. Pengeringan

Proses pengeringan dilakukan hanya dengan udara alami saja, jangan pernah gunakan handuk karena inilah yang akan merusak tatanan dan dapat menyebabkannya terlihat berantakan.

Kita juga tidak membutuhkan alat untuk styling, cukup lakukan secara sederhana dan gunakan bahan alami saja untuk mempertahankan gaya yang kita miliki sekarang ini.

3. Hindari sisir

Untuk jenis lain, sisir mungkin diperlukan bahkan oleh rambut rontok sekalipun. Namun khusus untuk jenis seperti ini kita dianjurkan untuk tidak menggunakan sisir sama sekali.

Hal ini karena akan mudah terbawa dalam sela sisir sehingga menyebabkan kerontokan dan kerusakan meskipun efeknya hanya sementara. Cukup gunakan jari-jari tangan untuk menata dan meluruskannya.

4. Oleskan minyak pada kulit kepala

Jika kita termasuk orang yang memiliki kulit kepala kering maka akan bertambah parah lagi jika model rambut yang kita gunakan adalah gimbal. Untuk mengatasi hal tersebut oleskanlah minyak secara teratur ke bagian kulit kepala kita.

Gunakan minyak esensial yang terbukti baik, bukan hanya dapat melembabkan namun juga dapat memperkuat akar dan folikel. Untuk mengetahui minyak seperti apa saja yang kita butuhkan, silahkan baca di halaman ini [Baca: Tiga minyak esensial].

5. Ikat ketika hendak tidur

Mengikatnya sebelum tidur dapat mengurangi gesekan antara rambut dan bantal yang membuatnya terlihat berantakan ketika bangun nanti. Gunakan karet gelang untuk mengikatnya.

Dengan mengikuti semua langkah di atas, diharapkan apa yang kita miliki sekarang ini tetap sehat, kuat dan terbebas dari kerontokan dan masalah lain.

tags: