Cara Merawat Rambut Berminyak

cara merawat rambut berminyakTidak kalah mengganggu dari rambut kering, rambut berminyak cenderung mudah kotor karena debu kotoran yang beterbangan terbawa angin mudah terjebak pada batang rambut.

Sebelum mengulas tentang langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi rambut berminyak, ada baiknya kita ketahui dulu beberapa pernyataan pakar rambut terkait jenis rambut yang satu ini.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara merawat rambut berminyak seperti dijelaskan oleh pakar rambut.

Karakteristik

Jenis rambut ini biasanya ditandai dengan penumpukan minyak di bagian kulit kepala hingga pangkal rambut, biasanya kondisi ini terjadi akibat ketidakseimbangan kelenjar minyak sehingga produksi minyak jadi tidak terkendali.

Produksi minyak berlebih pada kulit kepala jelas mempengaruhi tekstur dan kontur rambut itu sendiri, rambut akan tampak basah dan lepek.

Penyebab

Walau pun banyak pihak yang menuding bahwa penyebab utama dari masalah ini bermula dari penggunaan produk perawatan yang salah, namun beberapa ahli justru menganggap bahwa metode perawatan yang salah menjadi pemicu utama masalah ini, setidaknya hal tersebut diketahui dari pasien yang datang.

Selain itu, seperti dijelaskan di atas bahwa kelenjar minyak yang terlalu aktif dalam memproduksi minyak menjadi penyebab lainnya. Kondisi ini terjadi karena berbagai faktor seperti penggunaan produk yang tidak tepat.

Dalam beberapa hal, ditemukan produk perawatan rambut berbasis minyak membuat kulit kepala penggunanya menjadi terlihat berminyak, meskipun pada dasarnya kulit kepala orang tersebut terbilang kering.

Dari keterangan di atas, pemicu rambut berminyak bisa disebabkan oleh faktor eksternal maupun internal, namun keseluruhannya hampir megnarah pada satu titik yakni metode perawatan rambut yang kurang tepat.

Perlu diperhatikan juga bahwa rambut yang pada awalnya berjenis normal bisa terlihat berminyak bila menggunakan produk berbasis minyak secara berlebihan.

Intensitas penggunaan sampo

Bagi orang yang bermasalah dengan minyak berlebih di kulit kepalanya, maka dianjurkan untuk mencuci rambut dengan sampo setiap hari. Untuk mencegah terjadinya kekeringan rambut maka pilihlah produk sampo yang memang dirancang untuk rambut berminyak.

Apa yang tidak boleh dilakukan?

Jika secara alami jenis rambut kita memang berminyak, maka hentikan penggunaan kondisioner. Kondisioner dapat meningkatkan produksi minyak di kulit kepala dan hanya akan memperburuk keadaan.

Metode apa yang sebaiknya digunakan untuk mengatasi masalah ini?

Banyak metode yang bisa dicoba, termasuk penggunaan bahan alami seperti cuka sati apel dan lain sebagainya. Selain itu penggunaan produk perawatan komersil juga bisa dicoba, dengan syarat produk tersebut memenuhi standar keamanan dan memang dirancang untuk mengatasi rambut berminyak.

Untuk mengetahui lebih detail tentang cara tradisional untuk mengatasi permasalahan ini, silahkan buka halaman ini dan pilih metode mana yang menurut anda lebih mudah dilakukan [Baca: Penjelasan lengkap mengenai rambut berminyak dan cara mengatasinya].

tags: