Cara merawat rambut anak

cara merawat rambut anakPerawatan rambut bukan saja diperlukan oleh remaja dan lainnya, anak kecilpun membutuhkannya. Ini dilakukan agar rambut anak kita terhindar dari semua bahaya yang bisa menyebabkan kerusakan.

Meskipun kerusakan yang terjadi lebih sering diakibatkan oleh faktor lingkungan dan dampaknya tidak permanen, namun untuk menanamkan kebiasaan baik pada anak kita bisa memulainya sedini mungkin.

Dengan membiasakan diri melakukan hal tersebut, diharapkan sang anak telah terbiasa dan membiasakan diri melakukan berbagai perawatan ketika sudah besar nanti.

Berikut adalah cara merawat rambut anak seperi dikutip dari sebuah jurnal yang diterbitkan secara online.

Bahan-bahan

  • Sampo ringan
  • Sisir bergerigi lebar
  • Handuk

Gunakan sampo yang memang ditujukan untuk anak, jangan gunakan sampo yang diproduksi untuk para remaja karena senyawa yang ada di dalamnya belum tentu baik.

Selain itu penggunaan sisir bergerigi lebar bertujuan agar tidak sisir tidak menyebabkan tertariknya rambut yang dapat menyebabakan kerontokan dini. Bila semuanya telah siap kita bisa mulai mengikuti tahapn-tahapan yang telah diajarkan oleh para ahli.

Tahapan

Seperti telah dinyatakan oleh American Academy of Dermatology bahwa anak kecil harus mencuci rambutnya seminggu dua kali. Namun jika rambut anak tergolong berminyak maka kita harus mencucinya setiap hari.

Pencucian tersebut dengan menggunakan sampo ringan yang bisa kita dapatkan di toko sekitar, hati-hati saat memilihnya karena salah pilih dapat menyebabkan kerusakan.

Setelah proses pencucian selesai, keringkan dengan handuk kering dan lembut. Hindari menggosok atau memukul-mukulkan handuk pada rambut karena dapat menghilangkan kelembaban alami.

Usahakan kering secara alami tanpa harus menggunakan alat apapun, penggunaan handuk hanya digunakan untuk menyerap air yang terlalu banyak.

Setelah semua proses di atas selesai dan telah dalam keadaan kering, kita bisa mulai menyisirnya dengan menggunakan sisir bergerigi lebar. Pada tahap ini kita harus benar-benar memperhatikan kondisi rambut.

Jika terdapat beberapa helai yang kusut maka perbaiki dengan lembut, jangan memaksa menarik sisir karena hal ini dapat mengurangi kekuatan akar dan merusak folikel.

Selain beberapa langkah tersebut, ada satu langkah yang tidak kalah penting. Yaitu dengan melakukan pemotongan secara teratur. Para ahli menganjurkan orang tua untuk memangkas rambut anak mereka sedikitnya delapan minggu sekali.

Ini ditujukan untuk menghindari rambut bercabang dan menanamkan pada anak kebiasaan untuk rapih dan berpenampilan baik.

Hindari penggunaan aksesoris yang dapat menarik dan melemahkan akar, selain dapat menyebabkan kerusakan pada folikel, hal ini juga dilakukan dengan tujuan agar sang anak dapat terbiasa tampi apa adanya tanpa harus sibuk menggunakan berbagai macam aksesoris.

Terakhir, basahi rambut anak sebelum mencucinya dengan sampo tertentu. Jangan lupa untuk melakukan sedikit pemijatan pada kulit kepala mereka agar aliran darah tetap lancar.

tags: