Cara merawat kulit sensitif

merawat kulit sensitifMempunyai kulit sensitif memang harus ekstra hati-hati dalam melakukan perawatan, karena kesalahan sekecil apapun dapat berakibat buruk untuk kesehatannya.

Alergi, iritasi dan peradangan sering terjadi tanpa ada sebab yang jelas biasa terjadi pada kulit jenis ini. Dibanding dengan tipe lainnya, tidak mudah menemukan produk yang benar-benar tepat bagi kulit yang memiliki sensitifitas tinggi.

Walaupun demikian ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar kulit kita selalu sehat dan tidak kurang suatu apapun.

Berikut adalah 5 cara merawat kulit sensitif seperti yang dilansir dari jurnal kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Gunakan pembersih wajah yang tepat

Karena tidak semua produk pembersih wajah tepat untuk tipe seperti ini, maka pemiliknya dituntut untuk lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan tertentu.

Pilihlah pembersih bersifat ringan dan hindari penggunaan produk berbahan kimia. Jika tidak yakin, kita bisa mencoba pembersih yang terbuat dari bahan alami.

Tips dan panduannya telah kita bahas bersama beberapa hari lalu [Baca: Membuat scrub wajah].

Scrub tersebut berguna bukan hanya sebagai pembersih namun juga mampu mengatasi dan mengangkat semua sel kulit mati serta timbunan minyak pada pori-pori.

2. Pilihlah pelembab yang tepat

Jika telah berhasil menemukan pelembab apa yang tepat untuk kita, maka terapkan pelembab tersebut sebanyak dua kali sehari.

Langkah ini bertujuan agar kelembaban dapat tetap terjaga, perlu diketahui bahwa ketika kulit seperti ini kehilangan kelembabannya maka akan lebih sensitif dibanding sebelumnya.

Hal ini tentu saja dapat memicu terjadinya reaksi tidak normal seperti gatal-gatal karena iritasi atau alergi terhadap sesuatu yang tidak jelas.

3. Jauhkan dari produk berpengawet

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka langkah selanjutnya adalah menghindari semua bentuk produk yang menggunakan bahan pengawet dalam pembuatannya.

Agar lebih mudah memilih makeup mana yang akan kita pakai, perhatikan kemasan produk tersebut dan pilihlah makeup dengan label ‘hypo-allergenic’.

4. Hindari penggunaan makeup

Jika tidak dalam kedaan mendesak maka sebaiknya kita tidak menggunakan makeup atau kosmetik, meskipun keduanya benar-benar cocok dengan kita.

Hal ini bertujuan agar dapat bernafas dengan baik dan mengurangi resiko penyumbatan pada pori-pori. Penyumbatan pada pori-pori dapat berakibat buruk kedepannya.

5. Jangan menyimpan makeup yang tidak dibutuhkan

Alasan utama dari point ini adalah makeup dan kosmetik memiliki masa kadaluarsa yang kadang tidak diketahui oleh konsumennya. Penggunaan produk kecantikan kadaluarsa dapat berakibat fatal terutama untuk kulit bersifat sensitif.

Lima tips di atas harus benar-benar kita pegang karena kulit kita lebih sensitif dibanding dengan tipe lain. Perawatan dan penanganan ekstra hati-hati diharapkan mampu mencegah terjadinya gangguan.

Selain semua langkah di atas, kita juga bisa mencoba masker wajah yang diperuntukkan bagi kulit seperti ini [Baca: Masker wajah untuk kulit sensitif].

tags: ,