Cara merawat kulit berminyak

merawat kulit berminyakPada kesempatan yang lalu kita telah mengulas tentang cara mudah dalam merawat tipe kulit yang bermasalah dengan minyak berlebih, silahkan lihat pada halaman berikut [Baca: Mengatasi kulit berminyak dengan masker pisang dan resep masker wajah untuk kulit berminyak].

Dua artikel tersebut sangat jelas menerangkan tentang solusi apa yang sebaiknya kita jalankan untuk mengatasi masalah minyak berlebih yang kerap hadir di wajah.

Selain cara dan metode yang ada di halaman tersebut, masih ada langkah lain yang bisa kita coba, cukup mudah dan bisa diikuti oleh siapa saja.

Berikut adalah 5 cara merawat kulit berminyak agar terhindar dari masalah jerawat dan komedo serta mengurangi jumlah minyak di wajah.

1. Kertas blotting

Kertas ini banyak dijual di toko yang menjual kosmetik dan peralatan kecantikan lainnya, dengan harga yang cukup murah dan pemakaian yang mudah membuatnya layak untuk dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang sedang kita hadapi.

2. Hindari makanan berlemak

Lemak bukan saja dapat mengundang jerawat namun juga menyebabkan obesitas. Seperti kita tahu ada banyak penyakit ganas yang dipicu oleh masalah kegemukan.

Sebut saja diantaranya diabetes, gagal jantung, osteoporosis dan lain sebagainya. Maka dari itu hindarilah makanan yang mengandung lemak tinggi seperti makanan cepat saji dan makanan instant lainnya.

Sebagai pengganti, kita bisa memperbanyak sayur dan buah. Keduanya merupakan bahan makanan yang sangat baik karena mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk kulit.

3. Jalankan perawatan

Perawatan yang dilakukan pada setiap orang mungkin berbeda, langkah dan cara tidak menjadi soal, yang penting cara atau metode tersebut telah terbukti aman maka silahkan jalankan terus perawatan tersebut.

Meskipun begitu, karena jenis kulit yang kita miliki berminyak maka hendaknya memperhatikan lebih teliti lagi produk perawatan yang kita gunakan.

Hindari penggunaan produk yang mengandung minyak karena ini dapat menambah masalah kedepannya.

4. Jaga kebersihannya

Termasuk di dalamnya adalah melakukan pengangkatan kulit mati secara teratur minimal dua kali seminggu untuk memastikan tidak ada sesuatu apapun yang menyumbat pori-pori.

Perlu digarisbawahi bahwa penyumbatan yang terjadi pada pori-pori merupakan penyebab awal munculnya gangguan kuit lainnya.

Untuk melakukan pengangkatan sel tersebut bisa dengan menggunakan scrub wajah, untuk cara pembuatannya silahkan baca selengkapnya di halaman berikut [Baca: cara membuat scrub wajah].

5. Gunakan minyak lavender

Minyak lavender dikenal ampuh dalam menyingkirkan semua bakteri di wajah sekaligus menyerap minyak berlebih yang terdapat pada permukaan wajah.

Tips di atas bertujuan untuk mengurangi produksi minyak berlebih sekaligus mencegah masalah yang sering menyerang seperti komedo, tanda penuaan dan jerawat.

Jika semua hal di atas tersebut kita lakukan setiap hari niscaya kulit akan selalu sehat dan segar sepanjang hari.

tags: ,