Cara menyembuhkan bekas jerawat

menyembuhkan bekas jerawatMeskipun jerawat telah benar-benar berhasil diobati bukan berarti bekasnya dapat dihilangkan begitu saja, terkadang untuk menghilangkan noda tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pengobatan pada jerawat itu sendiri.

Masalah ini muncul ketika terjadi kerusakan pada jaringan di bagian bawah kulit, pada sebagian kasus luka tersebut menimbulkan rasa sakit pada penderitanya.

Seperti yang pernah dijelskan beberapa hari yang lalu bahwa bekas atau noda yang ditinggalkan jerawat dibagi menjadi dua macam, pertama berpigmen dan kedua bekas yang berbentuk cekung atau meniggalkan cekungan.

Untuk mengatasi persoalan ini dibutuhkan kesabaran dan keuletan dalam menjalankan proses penyembuhan, setidaknya membutuhkan waktu 6 sampai 8 minggu seperti yang dilansir dalam buku yang berjudul Handbook of Dermatology: A Practical Manual.

Dalam kurun waktu tersebut, pasien harus ulet dan sabar menjalani semua langkah dan metode penyembuhan, berhenti ditengah jalan atau tidak teratur dalam menjalankannya maka tidak akan mendapatkan hasil.

Untuk langkah penyembuhan, semuanya telah kita bahas bersama pada halaman berikut [Baca: 4 cara mudah menghilangkan bekas jerawat].

Selain langkah yang telah dijelaskan pada halaman tersebut, kita juga bisa mencoba alternatif lain yang akan dijelaskan pada kesempatan kali ini.

Berikut ini merupakan cara menyembuhkan bekas jerawat seperti yang dikutip dari beberapa ahli kesehatan kulit dunia.

Komponen yang dibutuhkan

Siapkan beberapa komponen penting berikut ini agar proses pembuatan dapat berjalan sesuai rencana:

  • Baking soda secukupnya
  • Handuk bersih
  • Pembersih wajah
  • Air hangat secukupnya

Untuk pembersih wajah kita bisa menggunakan produk pembersih yang banyak dijual di toko penjual kosmetik dan makeup, perhatikan semua kandungan dalam produk tersebut.

Selalu gunakan produk yang aman digunakan dan cocok untuk jenis kulit yang kita miliki.

Tahap pembuatan

Setelah semuanya siap, kita bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya, ikuti semua tahapan dan langkah di bawah ini agar hasil yang di dapat benar-benar memiliki khasiat dalam menghilangkan noda jerawat.

Mulailah untuk mengoleskan air hangat ke seluruh wajah, hal ini dilakukan agar pori-pori terbuka sehingga kotoran yang ada di dalamnya dapat dengan mudah kita bersihkan.

Gunakan pembersih wajah yang telah kita siapkan sebelumnya untuk mengangkat semua noda dan kotoran, lakukan dengan gerakan melingkar secara perlahan agar pembersih dapat menjangkau semua area.

Setelah semua langkah di atas selesai, kita campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membentuk sebuah pasta atau adonan. Setelah adonan jadi, terapkan ke bagian wajah dan diamkan selama 1 jam.

Bilas hingga bersih dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori, keringkan dengan handuk bersih. Penggunaan baking soda ditujukan untuk menyingkirkan semua gangguan bakteri yang berada di bagian pori-pori dan permukaan wajah.

Lakukan semua langkah di atas secara teratur sekali dalam sehari selama 6 sampai 8 minggu.

tags: