Cara menyamarkan bekas jerawat

menyamarkan bekas jerawatBekas jerawat memang tidak mudah dihilangkan, apalagi jika bekas tersebut menimbulkan cekungan. Ini menunjukkan adanya jaringan kulit yang rusak dan proses perbaikan tidak bisa lagi dengan cara alami.

Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu dan menghilangkan rasa percaya diri di depan orang banyak. Namun begitu, aa langkah mudah yang bisa kita coba untuk mengatasi hal tersebut.

Untuk menghilangkan rasanya sulit dan membutuhkan biaya besar, namun tidaklah sulit jika hanya menyamarkannya saja agar tidak mudah dilihat oleh orang lain.

Berikut adalah cara menyamarkan bekas jerawat seperti yang dirangkum dari beberapa pernyataan ahli perawatan dan kecantikan kulit.

1. Memanfaatkan tetes mata

Kita tahu bahwa tetes mata digunakan untuk mengatasi iritasi pada mata dan mengurangi warna kemerahan. Nah ternyata obat ini bisa juga diterapkan pada jerawat, hasilnya kulit akan kembali berwarna normal dan peradangan serta iritasi akibat jerawat dapat dihilangkan.

Penting untuk digarisbawahi, jangan pergunakan tips di atas terlalu sering karena pada dasarnya obat tersebut bukan untuk kulit, jadi ada kemungkinan efek samping yang akan di dapat pada jenis kulit tertentu.

2. Samarkan dengan riasan

Penggunaan riasan yang benar dapat menutupi bekas atau jerawat sekalipun, untuk melakukannya mulailah dengan memilih foundation yang memiliki warna mirip dengan kulit.

Gunakan kapas agar lebih mudah menerapkannya ke wajah, hasilnya pun akan lebih merata sehingga warna bekas jerawat tersebut dapat dengan mudah kita ‘hilangkan’.

Perlu diperhatikan, hindari sebisa mungkin menggunakan tips ini jika keadaan tidak terlalu memaksa. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori yang berakibat buruk pada kesehatan kulit.

3. Mencegah sebelum masalah itu datang

Ini berlaku bagi semua orang, dengan melakukan tindak pencegahan di bawah ini, diharapkan kita tidak mengalami masalah yang sama di kemudian hari.

Berikut beberapa tips yang harus kita jalankan agar terhidar dari masalah jerawat baik sekarang ataupun di kemudian hari:

  • Hindari makanan berlemak dan gangi dengan buah yang mengandung vitamin E dan C
  • Hanya menggunakan makeup di saat-saat penting saja
  • Angkat sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori dengan scrub [Baca: mengangkat kulit mati dengan scrub wajah]
  • Gunakan pelembab dan tabir surya untuk melindungi kulit
  • Jauhi semua hal yang dapat memicu jerawat [Baca: Vitamin penyebab jerawat dan 9 penyebab utama jerawat]
  • Olahraga secara teratur
  • Minum 8 gelas air sehari

Jalankan semua langkah di atas agar kulit senantiasa sehat dan bebas dari gangguan jerawat dan masalah lainnya. Jika semua tips tersebut tidak kita lakukan mulai dari sekarang maka cepat atau lambat kita akan berhadapan dengan gangguan ini.

Usahakan untuk selalu memperhatikan apa yang kita konsumsi, karena yang kita makan sekarang akan berpengaruh langsung pada tubuh dan kulit keesokan harinya.

tags: