Cara menurunkan berat badan dengan diet vegan

menurunkan berat badan dengan diet veganJika dalam kesempatan sebelumnya kita sudah mengupas tuntas tentang dua metode diet ternama di dunia yaitu ketogenik dan atkins, maka kali ini kita masuk pada metode diet selanjutnya.

Metode ini dinamakan dengan diet vegan, dari namanya saja kita sudah bisa menebak tentang peraturan dasar dalam program ini. Tapi jangan salah, vegan sedikit berbeda dengan vegetarian.

Dalam vegan kita sama sekali dilarang untuk mengkonsumsi binatang ternak dan semua yang dihasilkan darinya, sedangkan dalam vegetarian masih dimungkinkan untuk mengkonsumsi produk yang dihasilkan dari hewan ternak tersebut, produk susu contohnya.

Program ini hanya memperkenankan kita untuk mengkonsumsi sayur dan buah saja dan meniggalkan semua bentuk hewan yang dikenal banyak mengandung lemak.

Berikut adalah cara menurunkan berat badan dengan cara menjalankan program diet vegan, semua informasi kami rangkum dari beberapa sumber resmi sehingga keakuratannya tergolong tinggi.

1. Membiasakan diri untuk mengikuti gaya hidup vegan

Tahap ini sebenarnya sangat sulit dilakukan karena ini adalah proses kita membentuk pola pikir dan makan sekaligus. Mulailah untuk menghindari semua makanan yang bersumber dari hewan ternak seperti susu, telur, keju, madu dan lain sebagainya.

Jika kita membeli bahan makanan dari supermarket, maka perhatikan isi kandungan di dalamnya. Perhatikan label yang tercantum dalam kemasan produk tersebut.

2. Buat daftar menu untuk minggu ini

Agar tidak kesulitan dalam menentukan menu makan hari ini, maka sebaiknya buatlah sebuah daftar menu untuk minggu ini supaya kita tidak kebingungan untuk menentukan apa saja yang akan kita konsumsi hari ini.

Pilihlah makanan rendah kalori seperti sereal, gandum dan susu kedelai. Untuk menu sarapan, usahakan untuk mengkonsumsi protein nabati seperti tahu dan sayuran segar.

3. Konsumsi salad di siang hari

Untuk menu makan siang, usahakan untuk menyediakan salad serta kacang almond ke dalam menu makan kita. Keduanya memiliki nutrisi tinggi namun kalori dalam jumlah sedikit sehingga baik untuk dikonsumsi.

Kita juga bisa mengganti keduanya dengan tomat atau kacang-kacangan jika menu di atas dirasa membosankan, silahkan kombinasikan semua jenis sayur dan buah agar kita memiliki variasi menu berbeda setiap harinya.

4. Konsumsi biji-bijian

Biji-bijian lebih dianjurkan untuk dikonsumsi malam hari atau bertepatan dengan santap malam, alasan dibalik ini adalah kandungan nutrisi dan vitamin dalam kacang-kacangan baik untuk proses penurunan berat badan.

Sebenarnya patokan untuk santap malam hanya makanan yang jumlah kalorinya berada di kisaran 400 ke bawah, kita bisa mendapatkan resep makanan tersebut dari beberapa media online.

5. Ganti cemilan dengan buah

Nanas, jeruk, stroberi dan kiwi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para pelaku diet vegan. Buah-buahan tersebut dapat kita konsumsi secara langsung atau dalam bentuk jus.

Jika harus menggunakan gula, maka tetap perhatikan jumlah kalori di dalamnya.

tags: