Cara menurunkan berat badan dengan diet plate

cara menurunkan berat badan dengan diet plateBila sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian dan prinsip dasar dari metode ini, maka kali ini akan kami jelaskan bagaimana cara menjalankan diet plate untuk menurunkan berat badan.

Kita tahu bahwa metode inilah yang paling dianjurkan oleh para dokter bagi pasien diabetes, namun dengan sedikit pengembangan maka sudah bisa digunakan untuk mengatasi kegemukan atau obesitas.

Bagaimanakah caranya? Berikut adalah cara menurunkan berat badan dengan diet plate seperti dikutip dari berbagai sumber resmi dan terpercaya.

Langkah satu

Siapkan sebuah piring lalu isi setengah piring dengan semua jenis sayuran yang tidak mengandung tepung. Benar, dalam teknik ini kita menggunakan sayuran sebagai makanan utamanya, bukan nasi seperti apa yang telah biasa kita lakukan.

Sayuran tak bertepung ini meliputi kacang hijau, salad, mentimun, bayam, kembang kol, brokoli. Sayuran tersebut mengandung antioksidan tinggi dan rendah kalori dan gula sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh agar pembakaran lemak dapat dengan mudah dilakukan.

Langkah dua

Untu seperempat bagian lagi, kita isi dengan seluruh jenis makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur, unggas, ikan, daging sapi dan domba.

Sama halnya dengan sayuran, protein juga kita butuhkan untuk meningkatkan sistem metabolsime dan mempermudah pembentukan tubuh yang ideal.

Langkah tiga

Untuk seperempat bagian terakhir, kita bisa mengisinya dengan sayuran atau makanan bertepung seperti nasi,gandum, pasta, kacang polong, roti ataupun kentang.

Meskipun makanan di atas mengandung tepung, namun kadarnya tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Lemak yang ada di dalamnya pun masih dalam batasan wajar sehingga tidak mempersulit kita dalam menurunkan berat badan.

Jika semuanya telah siap, kita bisa mulai mengkonsumsi makanan yang telah kita siapkan tersebut, lakukan secara perlahan dan teratur. Kebiasaan ini harus dilakukan setiap hari sampai mendapat berat badan ideal sesuai apa yang kita inginkan.

Bagi yang belum terbiasa mungkin akan kesulitan karena pola makan ini drastis merubah seluruh kebiasaan makan sehari-hari. Namun bila telah mencobanya dan dilakukan selama beberapa hari maka tubuh akan mulai beradaptasi dengan baik dengan pola tersebut.

Penting untuk dicatat, ini hanya mencakup pola makan saja. Sedangkan proses pembakaran lemak menuntut tubuh untuk tetap aktif, oleh sebab itu lakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya atau paling tidak tiga sampai empat kali dalam seminggu.

Bila semua tips tersebut dilakukan dengan baik dan teratur selama beberapa minggu, maka niscaya kita bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal sesuai keinginan kita.

Selain mendapatkan bentuk tubuh ideal, tubuh juga akan selalu dalam keadaan bugar karena apa yang kita konsumsi setiap harinya merupakan makanan yang mengandung seluruh vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

tags: