Cara menurunkan berat badan dengan diet ornish

menurunkan berat badan dengan diet ornishBanyak teknik yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan menjalankan ornish. Ornish sendiri merupakan metode yang difokuskan pada peubahan pola makan dan gaya hidup.

Untuk informasi dan pengenalan dasar metode ini, silahkan baca kembali artikel yang telah diterbitkan sebelumnya di halaman ini [Baca: Tentang metode diet ornish].

Setelah membaca dan mengetahui semua hal dasar tentang program ini, kini kita saatnya mempelajari tentang bagaimana cara mengendalikan obesitas dengan ornish.

Berikut adalah cara menurunkan berat badan dengan menggunakan metode diet ornish, tips ini bersumber dari beberapa media yang secara khusus mengulas salah satu program tersebut.

Fokus diet

Ornish menitikberatkan pada sayuran, karbohidrat kompleks dan buah-buahan. Dalam metode ini kita bisa mengkonsumsi bayam, salad, sayuran, mentimun dan seledri.

Makanan di atas dikenal sebagai makanan sumber serat tinggi, serat diperlukan agar kita merasa cepat kenyang sehingga makanan yang akan kita konsumsi dapat dikendalikan jumlahnya.

Selain itu protein nabati seperti tahu, susu kedelai dan kacang-kacangan merupakan komponen penting dalam teknik ini. Dengan mengkonsumsi semua jenis makanan yang telah disebutkan tadi maka tingkat kalori akan menurun sehingga berat badan dapat segera diturunkan.

Makanan yang harus dihindari

Inti dari aturan ini adalah kita diharuskan untuk mengurangi asupan lemak sampai 10% dari jumlah total kalori yang kita dapatkan setiap harinya.

Untuk memudahkan kita dalam memahami aturan dasar tersebut bisa dengan menggunakan teori yang lebih simpel namun sedikit panjang, artinya kita dilarang mengkonsumsi kacang-kacangan tinggi lemak dan buah alpukat.

Selain itu tepung dan nasi putih atau makanan yang terbuat dari keduanya dilarang dalam program ini. Tujuannya jelas, untuk mengurangi asupan kalori dan lemak sebesar mungkin sehingga proses pengendalian berat badan bisa dengan mudah dan cepat dilakukan.

Gaya hidup

Selain dengan mengubah pola makan kita juga harus mengikuti aturan dasar yang diberlakukan terutama dari sisi gaya hidup sehari-hari. Olahraga secara teratur, manajemen stress dan mental, meninggalkan kebiasaan merokok dan lain sebagainya.

Kebiasaan itu tentu memiliki dampak baik untuk kesehatan tubuh terutama organ jantung, karena pada dasarnya metode ini dirancang bagi para pasien penyakit jantung.

Pertimbangan

Metode ini mungkin akan sangat sulit dilakukan jika tidak disertai dengan niat dan kebulatan hati, apalagi jika sebelumnya kita biasa menjalankan berbagai kebiasaan buruk seperti merokok, begadang dan biasa mengkonsumsi makanan cepat saji.

Oleh sebab itu banyak kalangan berpendapat bahwa hanya beberapa orang saja yang akan mampu menjalankannya selama satu tahun penuh, sedangkan sisanya akan berakhir di tengah jalan dan kembali pada kebiasaan lamanya.

Termasuk kelompok yang manakah anda?

tags: