Cara menurunkan berat badan dengan diet mediterania

cara menurunkan berat badanSetelah kita mengetahui berbagai prinsip dan aturan dasar dalam diet mediterania, kini saatnya kita masuk pada topik inti yakni menggunakan metode ini untuk mengatasi masalah obesitas yang mungkin sedang diderita oleh salah satu dari pembaca sekalian.

Perlu diingat sekali lagi bahwa program ini sama sekali tidak untuk mengurangi porsi makan, namun lebih pada apa saja yang dapat kita makan serta makanan yang harus dihindari.

Sebelum melanjutkan ke pokok pembahasan kali ini, silahkan baca terlebih dahulu artikel penting yang berkaitan dengan mediterania [Baca: Daftar makanan diet mediterania].

Setelah membacanya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini. Berikut adalah cara menurunkan berat badan dengan menggunakan metode diet mediterania.

Tahap satu

Konsumsi banyak buah-buahan serta sayuran segar, porsi yang dianjurkan dalam metode ini adalah 7 sampai 10 porsi setiap harinya. Jika hal ini dilakukan secara teratur selama 30 hari penuh maka kondisi badan akan semakin segar dan lemak di bagian tubuh dapat disingkirkan dengan mudah.

Selain ampuh dalam menghilangkan gumpalan lemak, kedua jenis makanan tersebut juga diketahui dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan imunitasnya sehingga kita tidak mudah sakit dan terhindar dari bahaya penyakit berat lainnya.

Tahap dua

Menghindari konsumsi lemak jenuh, minyak sayur dan mentega.Sebagai gantinya kita bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak esensial lainnya yang biasanya hanya mengandung lemak tak jenuh.

Kandungan lemak tak jenuh dalam minyak zaitun berguna untuk melawan lemak jenuh sehingga jantung akan tetap sehat dan befungsi dengan normal tanpa ada gangguan berarti.

Hal ini bukan hanya berlaku saat kita memasak makanan sendiri, namun juga berlaku saat hendak mengkonsumsi makanan dari toko atau penjual. Pastikan makanan tersebut hanya digoreng dengan minyak zaitun, namun bila tidak maka tinggalkan saja untuk sementara waktu sampai tujuan kita tercapai.

Tahap tiga

Hindari atau kurangi sebisa mungkin mengkonsumsi produk susu, dalam mediterania susu boleh diminum namun sangat dibatasi dan lebih dianjurkan untuk tidak dikonsumsi.

Sebagai ganti dari kalsium yang terdapat dalam susu, kita bisa mengkonsumsi sayur serta buah-buahan lain. Namun bila kebiasaan ini tidak bisa dihindarkan maka campurkan yogurt rendah lemak ke dalamnya untuk menetralisir dan mengimbangi kadar lemak dari produk susu tersebut.

Tahap empat

Perbanyak mengkonsumsi anggur setiap kali hendak tidur, namun bila kita memiliki masalah dengan buah anggur dan tidak disarankan oleh dokter maka bisa ditinggalkan, untuk gantinya kita bisa menggunakan jus apel atau tomat.

Tahap lima

Penuhi asupan protein harian kita dari hewan unggas, daging ayam dan juga protein nabati. Hindari sebisa mungkin mengkonsumsi daging merah seperti daging kambing dan sapi.

Meskipun kedua jenis daging tersebut mengandung banyak protein namun karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah maka tidak dianjurkan dalam mediterania.

tags: